GAMBARAN MIKROANATOMI PADA INSANG IKAN SEBAGAI INDIKATOR PENCEMARAN LOGAM BERAT DI PERAIRAN KALIGARANG SEMARANG


Nanang Setyawan, 4450408018 (2013) GAMBARAN MIKROANATOMI PADA INSANG IKAN SEBAGAI INDIKATOR PENCEMARAN LOGAM BERAT DI PERAIRAN KALIGARANG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GAMBARAN MIKROANATOMI PADA INSANG IKAN SEBAGAI INDIKATOR PENCEMARAN LOGAM BERAT DI PERAIRAN KALIGARANG SEMARANG]
Preview
PDF (GAMBARAN MIKROANATOMI PADA INSANG IKAN SEBAGAI INDIKATOR PENCEMARAN LOGAM BERAT DI PERAIRAN KALIGARANG SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Perairan Kaligarang merupakan perairan yang sangat penting bagi kehidupan penduduk di Kota Semarang. Masyarakat dan indutri-industri di sepanjang perairan tersebut juga menggunakan air Perairan Kaligarang untuk keperluan proses produksi, sekaligus sebagai tempat pembuangan limbah pada akhir proses produksinya.Ikan sebagai salah satu biota air sering dijadikan sebagai salah satu indikator tingkat pencemaran yang terjadi di dalam perairan. Ikan sebagai salah satu biota air sering dijadikan sebagai salah satu indikator tingkat pencemaran yang terjadi di dalam perairan. Jika di dalam tubuh ikan telah terkandung kadar logam berat yang tinggi dan melebihi batas normal yang telah ditentukan dapat menunjukkan tingkat pencemaran yang terjadi di perairan. Insang merupakan organ yang langsung bersentuhan dengan air, sehingga apabila air perairan Kaligarang mengandung polutan logam berat akan mengakibatkan kerusakan pada organ insang dan organ-organ yang berhubungan dengan insang. Hal inilah yang menjadi salah satu indikator tingkat pencemaran yang terjadi pada air perairan Kaligarang Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksplorasi karena melihat dari tingkatan pencemaran logam berat dengan menggunakan ikan sebagai indikator. Pengambilan sampel diambil 2 kali yaitu pengambilan sampel pertama pada tanggal 11 November 2012 dan pengambilan sampel kedua pada tanggal 11 Desember 2012. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa tingkat kerusakan mikroantomi insang ikan yang terindikasi logam berat kemudian dihubungkan dengan faktor lingkungan meliputi suhu, pH, BOD, COD. Dari hasil pengamatan mikroanatomi insang ikan di perairan Kaligarang didapatkan gambaran tingkatan kerusakan mikroanatomi dari edema sampai ke nekrosis. Berdasarkan kriteria tingkat pencemaran menunjukkan bahwa Perairan Kaligarang berada dalam kondisi tercemar ringan sampai dengan berat. Di stasiun pertama terjadi tingkat kerusakan berat dilihat dari kerusakan mikroantomi insang ikan lebih dari 70% luasan pandang. Stasiun kedua terjadi tingkat sedang dilihat dari kerusakan mikroanatomi insang ikan 30%-70% luasan pandang. Stasiun ketiga terjadi tingkat kerusakan dalam tingkat pencemaran ringan dilihat dari kerusakan mikroanatomi insang ikan kurang dari 30% luasan pandang. Berdasarkan pengamatan mikroanatomi insang ikan yang terindikasi logam berat terjadi kerusakan mikroanatomi sampai ke nekrosis. Berdasarkan kriteria tingkat pencemaran menunjukkan bahwa Perairan Kaligarang berada dalam kondisi tercemar ringan sampai dengan berat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mikroanatomi insang, perairan Kaligarang, bioindikator dan ikan.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:07
Last Modified: 16 May 2014 10:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19063

Actions (login required)

View Item View Item