PERKEMBANGAN OVARIUM BURUNG PUYUH (Coturnixcoturnix japonica) YANG DIBERI VARIASI WARNA LAMPU PENCAHAYAAN SELAMA 16 JAM


Slamet Vicy Hidayat Putra, 4450408015 (2013) PERKEMBANGAN OVARIUM BURUNG PUYUH (Coturnixcoturnix japonica) YANG DIBERI VARIASI WARNA LAMPU PENCAHAYAAN SELAMA 16 JAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERKEMBANGAN OVARIUM BURUNG PUYUH (Coturnixcoturnix japonica) YANG DIBERI VARIASI WARNA LAMPU PENCAHAYAAN SELAMA 16 JAM]
Preview
PDF (PERKEMBANGAN OVARIUM BURUNG PUYUH (Coturnixcoturnix japonica) YANG DIBERI VARIASI WARNA LAMPU PENCAHAYAAN SELAMA 16 JAM)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Warna cahaya akan memberikan efek tingkah laku, pertumbuhan, dan reproduksi yang berbeda dalam kehidupan aves. Pencahayaan yang dilakukan dapat mempengaruhi fisiologis reproduksi pada puyuh, contohnya lama pencahayaan, intensitas, warna, cahaya berselang, dan sumber cahaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan ovarium burung puyuh (Coturnix-coturnix japonica) yang diberi variasi warna lampu pencahayaan selama 16 jam dan pengaruh warna yang paling optimal terhadap perkembangan ovarium burung puyuh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL). Hewan coba yang digunakan pada penelitian ini adalah Puyuh Jepang (Coturnix-coturnix japonica), sebanyak 25 ekor puyuh betina yang berumur lima hari. Perlakuan cahaya diberikan pada puyuh umur 12 hari selama 16 jam per hari. Pencahayaan dimulai pada waktu 06.00-22.00 WIB. Burung puyuh dibagi menjadi lima kelompok percobaan dan masing-masing kelompok terdiri atas lima ekor burung puyuh, yaitu kontrol, perlakuan cahaya bening, perlakuan cahaya merah, perlakuan cahaya kuning, dan perlakuan cahaya biru. Sumber cahaya untuk kelompok kontrol digunakan cahaya matahari. Pengambilan data dilakukan pada hari ke-30 (perlakuan), semua kelompok dibedah dan diambil ovariumnya untuk ditimbang dan diamati folikelnya. Data berat ovarium dan berat badan burung puyuh dianalisis dengan ANAVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji BNT. Hasil anava satu arah menunjukan bahwa pemberian variasi warna lampu berpengaruh signifikan (p<0.05) terhadap berat badan dan berat ovarium burung puyuh. Hasil uji BNT menunjukkan bahwa berat badan burung puyuh menunjukkan perbedaan yang nyata antar kelompok dan berat ovarium pada masing-masing perlakuan menunjukkan perbedaan yang nyata antara kelompok kontrol dengan kelompok II. Namun tidak berbeda nyata terhadap kelompok yang lainnya. Struktur makroskopis ovarium pencahayaan warna merah sudah mencapai folikel yang masak, sedangkan perlakuan yang lainnya masih belum berkembang secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian variasi warna lampu pencahayaan berpengaruh terhadap perkembangan ovarium burung puyuh dan warna lampu merah merupakan warna yang paling berpengaruh terhadap perkembangan ovarium burung puyuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Burung Puyuh (Coturnix-coturnix japonica), perkembangan ovarium, warna lampu
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:13
Last Modified: 16 May 2014 10:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19062

Actions (login required)

View Item View Item