PENGARUH MERK DAN KONSENTRASI PUPUK SERTA KONSENTRASI SUKROSA PADA MEDIUM CAIR TERHADAP INDUKSI KENTANG VARIETAS MARGAHAYU


Gayuh Nugroho D P, 4450408008 (2013) PENGARUH MERK DAN KONSENTRASI PUPUK SERTA KONSENTRASI SUKROSA PADA MEDIUM CAIR TERHADAP INDUKSI KENTANG VARIETAS MARGAHAYU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MERK DAN KONSENTRASI PUPUK SERTA KONSENTRASI SUKROSA PADA MEDIUM CAIR TERHADAP INDUKSI KENTANG VARIETAS MARGAHAYU]
Preview
PDF (PENGARUH MERK DAN KONSENTRASI PUPUK SERTA KONSENTRASI SUKROSA PADA MEDIUM CAIR TERHADAP INDUKSI KENTANG VARIETAS MARGAHAYU)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh merk pupuk, konsentrasi pupuk, konsentrasi gula dan interaksinya terhadap pertumbuhan tunas dan mikrotuber kentang serta interaksi yang paling efektif untuk pertumbuhan tunas dan mikrotuber kentang Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial yng terdiri dari tiga faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi gula yaitu 40 g/l dan 80 g/l faktor kedua adalah konsentrasi pupuk yaitu 0,5 g/l dan 1 g/l dan faktor ketiga adalah merk pupuk yaitu Growmore dan Gandasil. Parameter penelitian berup pertambahan jumlah tunas dan daun, jumlah dan berat mikrotuber dianalisis dengan anava tiga arah, bila signifikan dilanjutkan dengan uji BNT Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi pupuk, interaksi merk pupuk dan konsentrasi pupuk, konsentrasi pupuk dan konsentrasi sukrosa, konsentrasi pupuk dan sukrosa serta interaksi ketiga faktor tersebut berpengaruh signifikan pada pertambahan jumlah nodus dan daun. Konsentrasi pupuk 1 g/l, Gandasil 1 g/l, konsentrasi pupuk 0,5 g/l dan konsentrasi sukrosa 40 g/l, Gandasil D 0,5 g/l dengan konsentrasi sukrosa 80 g/l optimal untuk pertambahan jumlah nodus dan daun. Konsentrasi sukrosa 80 g/l dan interaksi ketiga faktor berpengaruh signifikan pada jumlah dan berat mikrotuber. Interaksi merk dan konsentrasi pupuk, konsentrasi pupuk dan konsentrasi sukrosa berpengaruh signifikan pula pada jumlah mikrotuber. Konsentrasi sukrosa 80 g/l, Growmore atau Gandasil dengan konsentrasi sukrosa 80 g/l, konsentrasi pupuk 0,5 g/l dan konsentrasi sukrosa 40 g/l atau 80 g/l, Growmore 0,5 g/l dan konsentrasi sukrosa 80 g/l optimal pada jumlah mikrotuber sedangkan berat mikrotuber optimal pada konsentrasi sukrosa 80 g/l dan Gandasil 1 g/l dan konsentrasi sukrosa 80 g/l. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan menggunakan media Growmore 0,5 g/L dengan penambahan sukrosa 80 g/L pada induksi mikrotuber kentang varietas Margahayu untuk menghasilkan mikrotuber optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mikrotuber, sukrosa, in vitro, Gandasil, Growmore
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:13
Last Modified: 16 May 2014 10:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19058

Actions (login required)

View Item View Item