PENGARUH KOMUNIKASI GURU DAN KONDISI RUANG KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Ade Kristi Meideastuti, 7101408070 (2012) PENGARUH KOMUNIKASI GURU DAN KONDISI RUANG KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KOMUNIKASI GURU DAN KONDISI RUANG KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011/2012)
Download (3111Kb)

    Abstract

    Komunikasi guru dan kondisi ruang kelas merupakan faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan komunikasi guru yang baik dan kondisi ruang kelas yang baik pula, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang kondusif. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa, pengaruh kondisi ruang kelas terhadap hasil belajar siswa, serta pengaruh komunikasi guru dan kondisi ruang kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 9 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Administrasi perkantoran SMK Negeri 9 Semarang yang berjumlah 78 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi. Variabel yang diteliti yaitu komunikasi guru dan kondisi ruang kelas sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS release 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 4,312 + 0,777X1 + 0,297X2 + e. Uji F diperoleh Fhitung = 38,894 sehingga Ha diterima. Secara parsial (uji t) variabel komunikasi guru (X1) diperoleh thitung = 7,807 sehingga Ha diterima. Variabel kondisi ruang kelas (X2) diperoleh thitung = 4,010 sehingga Ha diterima. Secara simultan (R2) komunikasi guru dan kondisi ruang kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 50,3%. Simpulan penelitian ini adalah komunikasi guru dan kondisi ruang kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik secara simultan maupun parsial . Saran penelitian ini adalah Guru perlu meningkatkan komunikasi yang dimilikinya yakni guru menggunakan alat bantu atau sarana dalam proses pembelajaran sehingga mudah dipahami oleh siswa, misalnya penggunaan media pembelajaran yang tepat seperti pemakaian LCD, OHP bagi siswa akan membangkitkan minat dan keinginan untuk belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Komunikasi Guru, Kondisi Ruang Kelas
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: nurellla perpus unnes
    Date Deposited: 16 May 2014 06:30
    Last Modified: 16 May 2014 06:30

    Actions (login required)

    View Item