PERANGKAT LUNAK BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS BUSANA KELAS X JURUSAN BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING PEMALANG


Dian Puspita Ariestia Dewi, 5401408016 (2013) PERANGKAT LUNAK BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS BUSANA KELAS X JURUSAN BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANGKAT LUNAK BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS BUSANA KELAS X JURUSAN BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING PEMALANG]
Preview
PDF (PERANGKAT LUNAK BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MENGHIAS BUSANA KELAS X JURUSAN BUSANA BUTIK DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING PEMALANG)
Download (11MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran yang umum masih dilakukan guru adalah ceramah. Pada metode ini terkadang konsentrasi siswa terpecah dengan hal-hal lain, akibatnya siswa kurang memahami materi pelajaran. Sehingga sebaiknya metode pembelajaran dengan yang diterapkan menggunakan alat peraga pembelajaran atau sering disebut media pembelajaran. Media pembelajaran akan lebih menarik dan mudah dipahami dengan menggunakan perangkat lunak yang berbasis multimedia. Permasalahannya adalah apakah media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Menghias Busana layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK dan apa tanggapan siswa terhadap media pembelajaran interaktif mata pelajaran Menghias Busana. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui penilaian dari para dosen pakar dan guru mata pelajaran menghias busana serta tanggapan siswa terhadap media pembelajaran interaktif pada kompetensi dasar membuat hiasan pada kain atau busana dalam mata pelajaran Menghias Busana kelas X jurusan Busana Butik di SMK Negeri 1 Ampelgading tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden dalam bentuk angket. Responden penelitian ini adalah 1 dosen jurusan Pendidikan Teknik Elektro, 1 dosen dari jurusan Teknologi Jasa dan produksi dan 2 guru bidang keahlian Busana Butik SMK Negeri 1 Ampelgading. Serta 68 siswa dari 136 siswi yang diambil sampel secara acak kelas Busana Butik SMK Negeri 1 Ampelgading. Berdasarkan hasil pembahasan angket validasi dosen pakar dan guru media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Menghias Busana layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK dan hasil uji coba media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Menghias Busana dari validasi dosen pakar dan guru serta tanggapan siswa mendapatkan respon sangat baik. Dan dapat disimpulkan Media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Menghias Busana dapat digunakan sebagai media pembelajaran individu maupun kelompok didalam maupun diluar kelas di SMK jurusan Busana Butik dan dapat pula dikembangkan pada kompetensi dasar lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Media pembelajaran interaktif, Menghias Busana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:30
Last Modified: 16 May 2014 10:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19048

Actions (login required)

View Item View Item