PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN 2012/2013


Daniar Reza Andika, 7101408067 (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil usaha belajar yang dilaksanakan oleh siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi dan fasilitas belajar. Kenyataan di SMK Antonius Semarang memiliki indikasi motivasi belajar yang tinggi dan fasilitas belajar yang baik tetapi masih ada 30% siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian “Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran KKPI Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang” Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: (1) Adakah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (2) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) Adakah pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 57 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penilitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 40,717 + 0,271X1 + 0,210X2. Uji F diperoleh Fhitung = 13,205, sehingga H3 diterima. Secara parsial (uji t) variabel motivasi belajar (X1) diperoleh thitung = 3,354, sehungga H1 diterima. Variabel Fasilitas belajar (X2) diperoleh thitung = 3,054, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 30,4%. Simpulan penelitian ini adalah motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Disarankan agar guru lebih kreatif memberi, membangkitkan, dan meningkatkan minat untuk belajar dan sekolah harus bisa mengembangkan dan menciptakan hal yang bisa menunjang pelaksanaan proses pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:30
Last Modified: 16 May 2014 10:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19047

Actions (login required)

View Item View Item