PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI DENGAN THINK PAIRS SHARE (TPS) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2012/2013


Wulan Suci Dwiyanotami, 7101408062 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI DENGAN THINK PAIRS SHARE (TPS) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI DENGAN THINK PAIRS SHARE (TPS) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI DENGAN THINK PAIRS SHARE (TPS) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 COMAL TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Awal proses yang menjadi kendala di SMP Negeri 1 Comal adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih belum optimal, siswa masih merasa malu dan takut untuk bertanya kalau tidak ada dorongan dari guru, guru masih kurang dalam pengembangan variasi untuk mengajar. Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 1 Comal kelas VII C, diperoleh data bahwa kelas VII C memiliki rata-rata nilai ulangan harian sebesar 66,38 yang berarti masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan perlu adanya penggunaan model yang tepat dan bervariasi dalam proses belajar mengajar, salah satu alternatifnya dengan menerapkan model pembelajaran Think Pairs Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Comal tahun ajaran 2012/2013. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,63 dengan ketuntasan klasikal 67,5%, aktivitas siswa sebesar 77,5% dalam kategori tinggi, aktivitas guru dalam pembelajaran sebesar 77,5% atau kategori tinggi. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88,13 dengan ketuntasan klasikal 82,87%, aktivitas siswa 95% atau aktivitas siswa dalam kategori sangat tinggi, untuk aktivitas guru sebesar 92,5% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Comal pada materi prinsip dan motif ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Think Pairs Share (TPS). Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian adalah perlu adanya kesiapan guru sebelum memulai pelajaran, guru dapat melakukan perbaikan pembelajaran bagi siswa yang belum tuntas belajar, guru juga ada baiknya meningkatkan penguasaan terhadap berbagai jenis model pembelajaran dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti diklat atau seminar pendidikan, sekolah bisa lebih mengembangkan dan memanfaatkan sarana prasarana dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Think Pairs Share (TPS)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:35
Last Modified: 16 May 2014 10:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19045

Actions (login required)

View Item View Item