MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PERPADUAN METODE CERAMAH DAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA KELAS X AP SMK HIDAYAH SEMARANG


Dian Listianah, 7101408056 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PERPADUAN METODE CERAMAH DAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA KELAS X AP SMK HIDAYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PERPADUAN METODE CERAMAH DAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA KELAS X AP SMK HIDAYAH SEMARANG]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PERPADUAN METODE CERAMAH DAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA KELAS X AP SMK HIDAYAH SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Hidayah Semarang bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama ini yaitu guru menerangkan materi pelajaran dan murid hanya mendengarkan sambil mencatat. pada ulangan harian kelas X, nilai ulangan harian yang paling rendah adalah pada materi jenis-jenis ekonomi. Melihat hasil belajar siswa yang masih rendah maka perlu adanya penggunaan metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Hidayah Semarang pada materi jenis-jenis ekonomi dan meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar di kelas dengan perpaduan metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Hidayah Semarang yang berjumlah 36 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu metode tes (dengan pilihan ganda) dan metode non tes (observasi dan dokumentasi). Hasil penelitian ini diperoleh presentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I dengan kategori baik (70%) dan pada siklus II meningkat dengan kategori amat baik (87,5%). Persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I yaitu dengan kategori baik (66,6%) dan pada siklus II meningkat dengan kategori amat baik (90,2%). Rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I adalah 71,81 dengan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 75% dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80,23 dan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 91,6%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada kelas dengan perpaduan metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan perpaduan metode ceramah dan metode Two Stay Two Stray dan bisa digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Perpaduan ceramah dan Two Stay Two Stray
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 17:35
Last Modified: 16 May 2014 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19043

Actions (login required)

View Item View Item