IMPLEMENTASI PROGRAM KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 SEMARANG


Mainatul Failajati, 5401408006 (2013) IMPLEMENTASI PROGRAM KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PROGRAM KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PROGRAM KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 01 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 01 Semarang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program keterampilan salah satunya adalah keterampilan tata busana. Program keterampilan tata busana di MAN 01 Semarang ditetapkan sebagai mata pelajaran yang wajib diikuti oleh semua siswa, materi program keterampilan tata busana terdiri dari teknik dasar menjahit, menyulam, membuat hiasan dinding, membatik. Pada saat peneliti melakukan penelitian materi yang sedang dipelajarai siswa adalah membatik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang implementasi program keterampilan tata busana di MAN 01 Semarang dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan mennghambat implementasi program keterampilan tata busana di MAN 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus penelitian pada implementasi program keterampilan tata busana kelas XI MAN 01 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dari sumber-sumber penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program keterampilan tata busana di MAN 01 Semarang sudah baik dengan adanya hasil dari siswa pada saat membatik. Faktor pendukung implementasi keterampilan tata busana yaitu tersedianya fasilitas keterampilan tata busana, guru sesuai dengan bidang keterampilan lulusan dari Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UNNES, adanya minat dari siswa. Faktor penghambat dalam implementasi program keterampilan tata busana yaitu alokasi waktu yang kurang karena waktu yang di sediakan hanya 2 jam @ 45 menit untuk belajar teori dan praktik. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah implementasi program keterampilan tata busana di MAN 01 Semarang sudah baik dilihat dari produk yang dihasilkan siswa pada saat materi membatik berupa kaos dengan teknik lukis dan taplak meja dengan teknik mencanting. Faktor pendukung dan penghambat implementasi program keterampilan tata busana di MAN 01 Semarang yaitu adanya faktor interen dan eksteren. Saran dari penelitian ini adalah, perlu adanya penambahan jam belajar keterampilan tata busana agar siswa dapat menyelesaikan produk tepat pada waktunya, perlu di adakan pameran terhadap produk hasil pekerjaan siswa agar dapat menumbuhkan rasa semangat dalam belajar, Pihak sekolah harus memperhatikan dan mengembangkan program keterampilan tata busana karena nantinya pada saat siswa lulus ilmunya akan sangat berguna bagi siswa untuk ke depannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Keterampilan Tata Busana, Madrasah Aliyah Negeri 01 Semarang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:35
Last Modified: 16 May 2014 10:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19040

Actions (login required)

View Item View Item