PENGARUH EFEKTIFITAS BELAJAR DAN KONDUSIFITAS LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK PGRI BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013
Johantoro, 7101408032 (2013) PENGARUH EFEKTIFITAS BELAJAR DAN KONDUSIFITAS LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK PGRI BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH EFEKTIFITAS BELAJAR DAN KONDUSIFITAS LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK PGRI BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMK PGRI Batang pencapaian prestasi belajar akuntansi siswa kelas X masih rendah yaitu persentase ketuntasannya masih dibawah 85% dan diketahui kondisi lingkungan keluarga siswa yang heterogen. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya adalah efektifitas belajar dan kondusifitas lingkungan keluarga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh efektifitas belajar dan kondusifitas lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK PGRI Batang baik secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi SMK PGRI Batang berjumlah 106 siswa. Sampel berjumlah 85 siswa, metode pengambilan sampel menggunakan probability sample. Variabel yang diteliti yaitu efektifitas belajar,kondusifitas lingkungan keluarga dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK PGRI Batang. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara efektifitas belajar (X1),kondusifitas Lingkungan keluarga (X2), dan prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK PGRI Batang tahun 2012/2013. Dari hasil regresi diperoleh persamaan Ȳ = -27,775 + 1,501X1 + 0,651X2.Sedangkan secara simultan dari hasil uji F diperoleh besar signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 dan secara parsial dari hasil uji t diperoleh besar signifikansi kurang dari 0,05. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif antara efektifitas belajar(X1), kondusifitas lingkungan keluarga (X2) terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 62,5%, sedangkan 37,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektifitas belajar dan kondusifitas lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK PGRI Batang. Di sarankan bagi siswa untuk konsentrasi ketika pelajaran berlangsung, memperhatikan apa yang diajarkan oleh guru guna meningkatkan prestasi belajar akuntansi sedangkan bagi orang tua sebaiknya memperbaiki cara mendidik anak dengan lebih menghargai pekerjaan anak, lebih terbuka dan demokratis terhadap anak guna menunjang kreatifitas anak dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilki
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas Belajar, Kondusifitas Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22786 not found. |
Date Deposited: | 16 May 2014 10:39 |
Last Modified: | 16 May 2014 10:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19035 |
Actions (login required)
View Item |