EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Hadi Yusron, 7101408031 (2012) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan kegiatan belajar mengajar disekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Tingkat kecepatan belajar siswa yang berbeda-beda menuntut kreatifitas guru dalam mengunakan metode mengajar yang sesuai dengan keadaan tersebut. Metode kooperatif STAD merupakan salah satu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan untuk bisa membatu guru dalam menyampaikan materi ajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif STAD lebih efektif digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tentang peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode kooperatif STAD di SMA Negeri 1 Subah. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar (Y) dan metode kooperatif STAD (X). metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Pengujian hipotesis pertama dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample test dan hipotesis kedua menggunakan uji independent sample test. Berdasarkan uji tahap akhir, dari uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen atau sama. Pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara sebelum dan sesudah treatment di kelas eksperimen. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan persamaan dasar akuntansi. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif STAD hasil belajarnya lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, guru disarankan untuk lebih kreatif dalam pengembangan metode belajar berupa penggunaan metode kooperatif STAD dalam pembelajaran, serta menerapkan metode ini pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Kooperatif STAD, Hasil Belajar, Persamaan Dasar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 17:39
Last Modified: 16 May 2014 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19033

Actions (login required)

View Item View Item