PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA N 1 KEMBANG TAHUN AJARAN 2012-2013
Nur Jayanto, 3101408064 (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA N 1 KEMBANG TAHUN AJARAN 2012-2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA N 1 KEMBANG TAHUN AJARAN 2012-2013)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Kmbang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga guru belum dapat mendekatkan siswa dengan pengalaman belajarnya dan siswa masih kurang dalam hal kemampuan bekerjasama, berpikir kritis, sikap sosial, serta mengkonstruksi pengetahuannya, dimana kemampuan tersebut dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran Bebasis Portofolio yaitu kegiatan pembelajaran memberikan tugas pada Siswa untuk melaporkan hasil belajarnya. Permasalahan dalam penelitian adalah : Adakah Pengaruh Penerpan Model Pembembelajaran Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas XI.IPS SMA N 1 Kembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Penerpan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap hasil Belajar Siswa kelas XI.IPS SMA N 1 Kembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kembang Tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 177 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling sehingga peneliti mendapatkan kelas XI.IPS.2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X.IPS.1 sebagai kelas Kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket serta dokumentasi. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre test-Post test. Berdasarkan perhitungan Uji Keberatian dan Koefisien Korelasi diperoleh t = 3,414 pada α = 5 % dan dk = 33 diperoleh t(0.975)(34) = 2,03. Maka karena t berada di daerah penolakan Ho, berarti bahwa koefisien korelasi tersebut signifikan. Kemudian ada perbedaan Hasil belajar sejarah yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasi Portofolio dan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode pembelajaran biasa. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung= 4,651. Untuk α = 5% dan dk = 37+35 - 2 = 70 diperoleh t(0,95)(72) = 1,67. Karena thitung t t(0,95)(72) maka H0 ditolak, hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu hasil belajar sejarah siswa kelas XI.IPS SMA N 1 Kembang yang menggunakan model pembelajarn Berbasis portofolio nilai tertinggi (90), nilai terendah (70), dan rata-ratanya (82,09). Serta hasil belajar sejarah siswa kelas XI.IPS SMA N Kembang yang menggunakan model pembelajaran biasa/ceramah nilai tertinggi (87), nilai terendah (70), dan rata-ratanya (76,78). Kemudian yang terakhir adalah ada perbedaan hasil belajar sejarah siswa kelas XI.IPS SMA N 1 Kembang antara yang menggunakan model Pembelajaran berbasis portofolio dengan model biasa/ceramah. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Portofolio (80,09) sedangkan yang menggunakan model biasa / ceramah (76,78). Dengan demikian dapat disimpulkan kontribusi penerapan model Pembelajaran Berbasis Portofolio terhadap hasil belajar sejarah adalah sebesar 26,11 %, maka pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio terhadap hasil belajar sejarah bisa dikatakan signifikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, model Pembelajaran Berbasis Portofolio, hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 11 Nov 2013 12:24 |
Last Modified: | 11 Nov 2013 12:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19023 |
Actions (login required)
View Item |