PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013
Nur Alifah, 3101408062 (2012) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana pemanfaatan media pembelajaran sejarah berbasis audiovisual dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2012/2013, bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2012/2013, dan adakah pengaruh pemanfaatan media pembelajaran sejarah berbasis audiovisual terhadap hasil balajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual dalam pembelajaran sejarah, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI, dan pengaruh pemanfaatan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA N 8 Semarang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 8 Semarang Tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 128 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling sehingga peneliti mendapatkan kelas XI IPS 2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas Kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Pemanfaatan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual dalam pembelajaran sejarah di SMA N 8 Semarang dikatakan berhasil. Dalam pemanfaatannya siswa diajak menonton video tentang peninggalan-peninggalan masa Hindu Budha sebagai media pembelajaran, pembelajaran menjadi menyenangkan, efektif, dan siswa mampu menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar sejarah menjadi baik. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media. Jadi, ada pengaruh yang sangat signifikan antara hasil belajar sejarah kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual dengan kelas kontrol yang tanpa diberi media pembelajaran. Media pembelajaran sejarah berbasis audio visual perlu dimanfaatkan oleh guru sebagai alat bantu yang praktis khususnya dalam pokok bahasan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia. Dan perlu diadakan pelatihan tentang cara penggunaan media bagi guru-guru yang masih belum memanfaatkannya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Media Pembelajaran Sejarah, Audio Visual, Hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 11 Nov 2013 12:17 |
Last Modified: | 11 Nov 2013 12:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19022 |
Actions (login required)
View Item |