PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMK AL-MUSYAFA’ KELAS X PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI DENGAN CERAMAH DAN MPI

Aqsa Risa Faizah, 5401407015 (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMK AL-MUSYAFA’ KELAS X PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI DENGAN CERAMAH DAN MPI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMK AL-MUSYAFA’ KELAS X PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI DENGAN CERAMAH DAN MPI)
Download (5Mb)

    Abstract

    Belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, ketrampilan, dan sikap. Minat belajar siswa akan tumbuh dan terpelihara apabila proses pembelajaran dilaksanakan secara bervariasi dengan penggunaan strategi belajar yang tepat salah satunya menggunakan metode dan media pembelajaran. Metode ceramah & demonstrasi merupakan kombinasi pembelajaran Membuat Pola sebagai usaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penggunaan metode yang tepat akan meningkatkan hasil belajar dan membuat proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode ceramah & demonstrasi dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah dan MPI pada Mata Pelajaran Membuat Pola. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Control Group Pretest–Posttest Design dan untuk menguji hipotesis menggunakan t-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana di SMK Al-Musyafa‟ Kendal yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan cara undian, diperoleh kelas X BB1 sebagai kelas eksperimen 1 yang akan diberi pembelajaran dengan metode ceramah dan MPI, selanjutnya kelas X BB3 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah & demonstrasi. Data penelitian diperoleh melalui tes kognitif dan tes psikomotorik yang diberikan secara langsung kepada responden. Hasil Penelitian berdasarkan analisis uji t diperoleh

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, metode ceramah dan demonstrasi dengan ceramah dan MPI, Membuat Pola (Pattern Making).
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 16 May 2014 06:39
    Last Modified: 16 May 2014 06:39

    Actions (login required)

    View Item