PEMBELAJARAN IPS TERPADU “STUDI KASUS DI TIGA SMP NEGERI KOTA SEMARANG”


Syafrizal Febriawan, 3101408021 (2013) PEMBELAJARAN IPS TERPADU “STUDI KASUS DI TIGA SMP NEGERI KOTA SEMARANG”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN IPS TERPADU “STUDI KASUS DI TIGA SMP NEGERI KOTA SEMARANG”]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN IPS TERPADU “STUDI KASUS DI TIGA SMP NEGERI KOTA SEMARANG”) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan penelitian bertumpu pada pendekatan fenomenologis, yakni usaha untuk memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang yang biasa dalam situasi tertentu. Penelitian dilakukan pada obyek yang alamiah, obyek yang berkembang apa adanya, tidak dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi dinamika pada obyek tersebut. Gambaran mengenai Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu pada SMP Negeri di Kota Semarang, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi guru IPS terhadap pembelajaran IPS Terpadu?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di tiga Sekolah Menengah Pertama Kota Semarang?, (3) Apa faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di tiga Sekolah Mengah Pertama Kota Semarang?, (4) Apakah faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di tiga Sekolah Menengah Pertama Kota Semarang?. Hasil penelitian ini, (1) persepsi guru IPS mengenai pembelajaran IPS Terpadu sudah baik, dalam pelaksanaannya sudah menjalankan konsep-konsep yang ada dalam IPS Terpadu itu sendiri dengan melibatkan siswa secara aktif untuk aktif mencari, menggali dan menemukan konsep dalam kegiatan pembelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu sudah berjalan cukup baik. Guru sudah menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (3) faktor penghambat dalam pembelajaran IPS Terpadu adalah kurangnya sarana dan prasarana untuk menunujang pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu, (4) faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu adalah semakin banyak dan mudahnya materi pembelajaran untuk didapatkan melalui internet. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan, peneliti mengajukan saran sebagai berikut (1) guru hendaknya dapat mengembangkan kreatifitasnya sendiri dalam membuat RPP, (2) guru hendaknya lebih meningjatkan kemampuan dalam menerapkan metode pembelajaran supaya kegiatan pembelajaran tidak terkesan membosankan dan tentunya akan lebih meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, IPS Terpadu, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2013 12:04
Last Modified: 11 Nov 2013 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19018

Actions (login required)

View Item View Item