STUDI EKSPERIMEN PEMANFAATAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013


Marda Ardika Freshtian , 3101408016 (2012) STUDI EKSPERIMEN PEMANFAATAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI EKSPERIMEN PEMANFAATAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (STUDI EKSPERIMEN PEMANFAATAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi Pembelajaran Learning Starts A With Question, merupakan strategi yang digunakan oleh guru dengan maksud mengarahkan siswa agar lebih aktif dalam mengikuti dan membahas materi pelajaran yakni dengan cara guru memulai pelajaran dengan mengajak siswa untuk membaca materi terlebih dahulu lalu mempertanyakan secara lisan atau tulisan mengenai hal-hal yang masih dirasa sulit terhadap materi pelajaran maupun terhadap teks bacaan, dan dari pertanyaan tersebut guru menerangkan materi yang akan dibahas kepada siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya yaitu: (1) bagaimana minat belajar sejarah yang diajarkan tanpa menggunakan pemanfaatan strategi pembelajaran berupa Learning StartsWith a Question (LSQ) pada siswa kelas XI IPS SMA N 2 Sukorejo tahun pelajaran 2012/2013? (2) bagaimana pemanfaatan strategi pembelajaran berupa LSQ pada mata pelajaran sejarah terhadap siswa kelas XI IPS SMA N 2 Sukorejo tahun pelajaran 2012/2013? (3) adakah pengaruh pemanfaatan strategipembelajaran aktif yang berupa strategipembelajaran LSQ terhadap minat belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA N 2 Sukorejo tahun pelajaran 2012/2013? Desain penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pre test dan post test. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampel Random.Metode pengumpulan datamenggunakan dua metode pengumpulan data angket (kuesioner) dan dokumentasi. Telaah analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan strategipembelajaran aktif yangberupa strategi pembelajaran LSQberpengaruh signifikan terhadap minat belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS SMA N2 Sukorejo tahun pelajaran 2012/2013Pengujian keberhasilan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, dengan tingkat kepercayaan 95% atau (α)=0,05. derajat kebebasan 36 diperoleh t.tabel=2,028, hasilnya pada variabel X (pembelajaran aktif Learning Starts With A Question) diperoleh nilai t.hitung = 4,387 > 2,028=ttabel dan sig=0,00<5%, jadi Ho ditolak, berarti variabel Learning Starts With A Question secara statistik berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen minat belajar siswa. Koefisien determinasi (R²), diperoleh R²= 0,348=34,8%, ini berarti variabel bebaspembelajaran aktif Learning Starts With A Question mempengaruhi variabel dependen minat belajar siswa sebesar 34,8%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Strategi Pembelajaran Aktif Learning Starts With A Question, Minat Belajar
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 11 Nov 2013 11:59
Last Modified: 11 Nov 2013 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19016

Actions (login required)

View Item View Item