MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 3 TRUCUK, KLATEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE LPAYING


Fendy Yon Prihantoro, 3101407063 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 3 TRUCUK, KLATEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE LPAYING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 3 TRUCUK, KLATEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE LPAYING]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 3 TRUCUK, KLATEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE LPAYING) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian awal terhadap pembelajaran sejarah di SMP Negeri 3 Trucuk, Klaten, di peroleh gambaran bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran, apresiasi pembelajaran sejarah sangat rendah serta Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru rendah. proses pembelajaran hanya terpusat pada guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan peran aktif siswa serta untuk meningkatkan hasil belajar maka dalam pembelajaran ini digunakan model Role lpaying. Masalah yang diambil dalam skripsi ini, apakah model pembelajaran Role lpaying dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B di SMP Negeri 3 Trucuk, Klaten tahun 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Role lpaying dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B di SMP Negeri 3 Trucuk, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas pro-sedur kerja dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen utama yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.hubungan keempat komponen tersebut dipandang sebagai satu siklus. adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 34 siswa dengan analisis data mengunakan analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa sebelum diadakan pe-nelitian diperoleh nilai rata-rata 72,73 dengan persentase ketuntasan klasikal sebe-sar 52,94%. pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata 70,15 dengan persentase ketuntasan klasikal 69,69 %, pada siklus I ini belum mencapai target yang diharapkan. dari nilai rata-rata pra siklus ke siklus I terdapat peningkatan nilai rata-rata 3,57% dengan peningkatan ketuntasan klasikal naik 31,63%. Hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan, dapat diketahui dari nilai rata-rata sebesar 73,13 meningkat sebesar 4,24% dari rata-rata nilai siklus I yaitu sebesar 70,15. persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 69,69% pada siklus I menjadi 90,9% dengan nilai peningkatan sebesar 30,43%.. Dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Role lpaying yang telah dilaksanakan di kelas VII BSMP Negeri 3 Trucuk, Klaten dapat meningkatkan hasil belajar siswa tahun ajaran 2012/2013. peningkatan prestasi belajar sejarah siswa dapat dilihat pada aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata 77,9 dengan ketuntasan klasikal 78,79% di akhir penelitian. Hal ini sesuai dengan indikator kerja yaitu nilai ketuntasan belajar 70 dengan ketuntasan klasikal 70%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa, guru sejarah haruslah kreatif dan selalu memotivasi siswa untuk lebih bersemangat. sikap tersebut dapat diberikan melalui tangapan positif atau penghargaan kepada setiap aktifitas siswa pada saat proses pembelajaran, karena hal tersebut dapat memacu siswa untuk giat belajar untuk memperoleh prestasi belajar yang optimal serta dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Role lpaying, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2013 11:51
Last Modified: 11 Nov 2013 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19015

Actions (login required)

View Item View Item