KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS-X


Endang Widiyaningsih, 4101409105 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS-X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS-X ]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS-X )
Download (8MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar peserta didik SMA kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal bertipe pemecahan masalah. Sebanyak 33,33% hasil belajar aspek pemecahan masalah materi dimensi peserta didik kelas X-3, X-4, dan X-5 SMAN 11 Semarang Tahun 2011/2012 belum mencapai KKM. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X pada materi dimensi tiga, untuk mengetahui apakah penerapan model Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D pada materi dimensi tiga lebih baik dari model Direct Instruction (DI). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Dengan teknik random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan belajar (uji proporsi pihak kanan), uji perbedaan rata-rata (uji pihak kanan). Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 82,81 dan kelas kontrol 79,65. Dari hasil uji proporsi pihak kanan diperoleh bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol mencapai KKM. Berdasarkan hasil analisis uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Semarang pada materi dimensi tiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cabri 3D, keefektifan, kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran Quantum Teaching.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:06
Last Modified: 16 May 2014 10:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item View Item