PENGEMBANGAN WEB EDUCATION CENTRE OF TEACHER INTERACTIVE VIRTUAL (EDUCATIVE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH


Shinta Widyastuti, 4401409061 (2013) PENGEMBANGAN WEB EDUCATION CENTRE OF TEACHER INTERACTIVE VIRTUAL (EDUCATIVE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN WEB EDUCATION CENTRE OF TEACHER INTERACTIVE VIRTUAL (EDUCATIVE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN WEB EDUCATION CENTRE OF TEACHER INTERACTIVE VIRTUAL (EDUCATIVE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Website dapat dijadikan media dan sumber belajar karena menyediakan banyak aplikasi yang membantu siswa memahami konsep materi yang abstrak. Web educative yang dikembangkan digunakan sebagai sumber belajar materi sistem pertahanan tubuh untuk siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan web educative sebagai sumber belajar materi sistem pertahanan tubuh yang layak dan mengetahui efektivitas penggunaan web educative terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D). Tahapan penelitian meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, dan produk final. Web educative dikembangkan dengan menggunakan software Joomla. Uji coba awal dan pemakaian dilakukan di SMA Negeri 1 Pekalongan. Uji coba produk dilakukan pada 29 siswa kelas XI IPA 5 dan uji coba pemakaian dilakukan pada 30 siswa kelas XI IPA 6 dan 28 siswa kelas XI IPA 7. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah kelayakan web educative yang divalidasi validator, tanggapan siswa dan guru mengenai kelayakan web educative dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini yaitu hasil penilaian kelayakan web educative dari validator media dan materi memperoleh skor rata-rata 91% (sangat layak). Ketuntasan hasil belajar siswa pada uji coba produk mencapai 100 % dan pada uji coba pemakaian kelas XI IPA 6 memperoleh skor rata-rata 90% dan kelas XI IPA 7 memperoleh skor rata-rata 96%. Siswa memberikan tanggapan yang baik dengan ditunjukkan perolehan skor rata-rata sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa web educative yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar materi sistem pertahanan tubuh dan efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Web Educative, SistemPertahananTubuh
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:44
Last Modified: 16 May 2014 10:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19007

Actions (login required)

View Item View Item