IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN TEKNIK BERTANYA PROBING PROMPTING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA DIMENSI TIGA KELAS X


Jeffry Darmawan, 4101409104 (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN TEKNIK BERTANYA PROBING PROMPTING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA DIMENSI TIGA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN TEKNIK BERTANYA PROBING PROMPTING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA DIMENSI TIGA KELAS X]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN TEKNIK BERTANYA PROBING PROMPTING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA DIMENSI TIGA KELAS X)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Membelajarkan dimensi tiga pada siswa transisi kelas X adalah tidak mudah karena materinya abstrak. Diterapkan model pembelajaran TPS dikombinasikan dengan teknik bertanya probing prompting berbantuan CD pembelajaran, dimana siswa diberikan tugas mandiri melalui CD untuk menciptakan pertanyaan-pertanyaan dengan probing prompting dan akhirnya didiskusikan dikelas dengan sharing. Sebelum masuk pada tahapan share siswa diminta untuk memikirkan dan mendiskusikan permasalahan yang ditemukan dengan pasangannya, kemudian melakukan tanya jawab dengan probing prompting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran tersebut terimplementasi dengan baik yang ditandai dengan 1) tuntas pada prestasi belajar, 2) prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada prestasi belajar kelas kontrol 3) keaktifan belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X R-SMA-BI Kesatrian 1 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu siswa kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X9 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas adalah keaktifan siswa dan variabel terikatnya prestasi belajar. Perolehan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan uji ketuntasan dan uji banding t, serta uji pengaruh regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut uji statistik rata-rata prestasi belajar pembelajaran pada siswa kelas eksperimen 78,88 tuntas secara individual dan klasikal, secara uji statistik rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata prestasi belajar siswa pada kelas kontrol. Dari hasil analisis regresi, diperoleh persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut ̂ . Koefisien determinasi menunjukan bahwa hasil tes prestasi belajar siswa 46,3% dipengaruhi oleh keaktifan, sedangkan sisanya sebesar 53,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Tiga; Prestasi Belajar; Probing Prompting; TPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:43
Last Modified: 16 May 2014 10:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19005

Actions (login required)

View Item View Item