KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS


Zumisa Nudia Prayoga, 4401409022 (2013) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS)
Download (12MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menggunakan pendekatan KPS mendorong siswa untuk berpikir melalui pengamatan, menafsirkan pengamatan, mengelompokkan, meramalkan, berkomunikasi, berhipotesis, merencanakan percobaan, menerapkan konsep, serta mengajukan pertanyaan, sehingga memungkinkan siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan KPS pada pembelajaran materi pengelolaan lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII yang terdiri dari 7 kelas (VII A - VII G). Sampel diambil menggunakan purposif sampling, VII A dan VII D sebagai kelas eksperimen (menerapkan pendekatan KPS), sedangkan VII C dan VII F sebagai kelas kontrol (menerapkan metode diskusi). Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan KPS, dan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis siswa. Data diambil menggunakan soal tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan KPS, lembar observasi aktivitas siswa, angket tanggapan guru dan pedoman wawancara guru. Berdasarkan kategori kemampuan berpikir kritis, 2 kelas eksperimen masuk kategori baik sedangkan 2 kelas kontrol masuk kategori cukup. Analisis data post test menggunakan uji ANOVA dihasilkan p 14,07 yang signifikan di p<0,05, ini berarti dari 4 kelas yang diteliti, paling tidak ada 1 pasangan kelas yang kemampuan berpikir kritisnya berbeda signifikan. Hasil uji BNT, menunjukkan bahwa pasangan antar sesama kelas eksperimen dan sesama kelas kontrol menunjukkan hasil yang tidak berbeda signifikan, sedangkan 4 pasangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil yang berbeda signifikan. Hampir semua aspek keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan KPS masuk kategori sangat tinggi, sedangkan aktivitas siswanya mencapai kategori sangat aktif, aktif, dan cukup aktif. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan KPS masuk kategori sangat baik, sedangkan tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan metode diskusi masuk kategori baik. Guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan KPS. Disimpulkan bahwa pendekatan KPS pada pembelajaran materi pengelolaan lingkungan berpengaruh terhadap peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, pengelolaan lingkungan, pendekatan keterampilan proses sains (KPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:49
Last Modified: 16 May 2014 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19004

Actions (login required)

View Item View Item