KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN POWERPOINT PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN


Eli Pri Mahanani, 4101409101 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN POWERPOINT PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN POWERPOINT PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN POWERPOINT PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MATERI LINGKARAN)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang selalu dipelajari di setiap jenjang pendidikan. Akan tetapi masih banyak siswa yang menghindari matematika karena menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit terutama jika dihadapkan dengan soal pemecahan masalah. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan menunjang pembelajaran yang efektif dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah Course Review Horay. Penerapan model CRH akan lebih efisien jika dipadukan dengan powerpoint. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan memilih dua kelas secara acak dari populasi yang ada. Terpilih kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran CRH berbantuan powerpoint dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Data hasil penelitian tersebut selanjutnya dianalisis untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran Corse Review Horay berbantuan powerpoint dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal yang ditetapkan; (2) persentase kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan powerpoint lebih tinggi daripada persentase kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori; (3) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan powerpoint lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitiasn tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CRH berbantuan powerpoint efektif pada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII materi lingkaran. Peneliti menyarankan bahwa pembelajaran CRH berbantuan powerpoint dapat digunakan sebagai pembelajaran alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay (CRH), kemampuan pemecahan masalah, powerpoint
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:49
Last Modified: 16 May 2014 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19003

Actions (login required)

View Item View Item