KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT

Arum Wulandari, 4101409090 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT)
Download (4Mb)

    Abstract

    Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah siswa mempunyai kemampuan pemecahan masalah. Kurangnya keaktifan siswa pada pembelajaran matematika dan kesempatan yang diberikan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah menjadi kendala mencapai tujuan tersebut. Penggunaan model pembelajaran ARIAS berbantuan alat peraga dapat menumbuhkan keaktifan siswa untuk mengkonstruk pengetahuan dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARIAS berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi segiempat yang ditunjukkan dengan: (1) hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS berbantuan alat peraga mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar dari jumlah peserta didik yang memperoleh nilai 70; (2) rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada model pembelajaran ARIAS berbantuan alat peraga lebih dari rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, terpilih kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran ARIAS berbantuan alat peraga dan kelas VII H sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Data kemampuan pemecahan masalah peserta didik diperoleh dengan metode tes dan dianalisis dengan menggunakan uji z untuk uji proporsi dan uji t untuk uji beda rata-rata. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peserta didik pada model pembelajaran ARIAS telah mencapai ketuntasan klasikal secara klasikal sebesar dari jumlah peserta didik yang memperoleh nilai 70 serta rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran ARIAS berbantuan alat peraga efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada materi segiempat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: alat peraga, kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran ARIAS
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 16 May 2014 06:50
    Last Modified: 16 May 2014 06:50

    Actions (login required)

    View Item