KEEFEKTIFAN PBL BERBASIS NILAI KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT KELAS VII skripsi disajikan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika oleh Dani Setiawan 4101409089 JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2013


Dani Setiawan, 4101409089 (2013) KEEFEKTIFAN PBL BERBASIS NILAI KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT KELAS VII skripsi disajikan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika oleh Dani Setiawan 4101409089 JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PBL BERBASIS NILAI KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT KELAS VII skripsi disajikan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika ol]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PBL BERBASIS NILAI KARAKTER BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SEGIEMPAT KELAS VII skripsi disajikan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika ol)
Download (10MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika. Materi segiempat merupakan salah satu materi geometri yang berkaitan erat dengan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangsang agar aktivitas peserta didik meningkat adalah model Problem Based Learning (PBL). Pendidikan karakter juga penting dalam kegiatan pembelajaran matematika terutama untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan kondusif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis ketercapaian ketuntasan belajar peserta didik pada yang diajar menggunakan model PBL berbasis nilai karakter berbantuan CD pembelajaran pada kemampuan pemecahan masalah, (2) membandingkan model PBL berbasis nilai karakter berbantuan CD pembelajaran dengan model pembelajaran ekspositori pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gajah, dan (3) menganalisis pengaruh aktivitas peserta didik yang ditimbulkan oleh model PBL berbasis nilai karakter berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Gajah. Dengan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dan observasi. Analisis data menggunakan uji rata-rata dan proporsi (hipotesis 1), uji perbedaan dua rata-rata dan dua proporsi (hipotesis 2), dan analisis regresi linier sederhana (hipotesis 3). Berdasarkan hasil hasil uji hipotesis 1 yaitu uji ketuntasan individual dan klasikal diperoleh bahwa peserta didik kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan individual dan klasikal. Dari hasil uji hipotesis 2 yaitu uji perbedaan dua rata-rata dan dua proporsi diperoleh bahwa rata-rata dan proporsi ketuntasan peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata dan proporsi ketuntasan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis 3 yaitu analisis regresi linier sederhana diperoleh bahwa aktivitas peserta didik berpengaruh terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 85 %. Simpulan yang diperoleh adalah model PBL berbasis nilai karakter berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah materi segiempat kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL; nilai karakter; CD pembelajaran; kemampuan pemecahan masalah; segiempat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 10:50
Last Modified: 16 May 2014 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18999

Actions (login required)

View Item View Item