PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN LISAN TERHADAP HASIL LAYUP KANAN BOLA BASKET SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL


Sosiani Annisa Belladina, 6301408111 (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN LISAN TERHADAP HASIL LAYUP KANAN BOLA BASKET SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN LISAN TERHADAP HASIL LAYUP KANAN BOLA BASKET SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN LISAN TERHADAP HASIL LAYUP KANAN BOLA BASKET SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MARGASARI KABUPATEN TEGAL)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini : 1) Apakah ada pengaruh pembelajaran menggunakan lisan terhadap hasil layup kanan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margasari. 2) Apakah ada pengaruh pembelajaran menggunakan audio visual terhadap hasil layup kanan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margasari. 3) Manakah yang lebih baik antara pembelajaran menggunakan audio visual dan pembelajaran lisan pada hasil layup kanan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margasari. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pengaruh pembelajaran lisan terhadap hasil layup kanan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margasari. 2) Mengetahui pengaruh pembelajaran audio visual terhadap hasil layup kanan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margasari. 3) Mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran menggunakan audio visual dan pembelajaran lisan pada hasil layup kanan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margasari. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Margasari sejumlah 312 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 72 siswa. Variabel penelitian ini yang menjadi variabel terikat yaitu hasil lay up kanan siswa kelas VIII, sedangkan variabel bebas yaitu pembelajaran menggunakan metode audio visual dan pembelajaran lisan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan eksperimen. Metode analisis menggunakan rumus t-test. Hasil perhitungan data pre-test dan post-test kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung 6,559 > ttabel 2,021, yang berarti ada pengaruh pembelajaran menggunakan audio visual. Hasil perhitingan data pre-test dan post-test kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai thitung 5,584 > ttabel 2,021, berarti ada pengaruh hasil pembelajaran lisan. Perhitungan data post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung 2,708 > ttabel 2,021, dengan demikian terdapat perbedaan pembelajaran yang signifikan antara pembelajaran manggunakan audio visual dan pembelajaran lisan, dengan hasil yang lebih baik menggunakan metode pembelajaran audio visual. Simpulan penelitian ini berarti pembelajaran menggunakan audio visual lebih baik daripada menggunakan pembelajaran lisan terhadap hasil layup kanan siswa kelas VIII. Oleh karena itu penulis dapat mengajukan saran : 1) sebaiknya pembelajaran kepada siswa dilakukan tidak hanya metode yang itu-itu saja, agar kegiatan belajar-mengajar tidak terkesan monoton dan membosankan, 2) bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pembelajaran, Bola Basket, Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 11:19
Last Modified: 16 May 2014 11:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item