PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011
Wiwit Vitriyanto, 7101407157 (2011) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kreativitas belajar dan lingkungan merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Dalam masalah ini kreativitas belajar dan lingkungan pada prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus terbilang cukup baik, namun ternyata belum dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap proses belajar siswa. Hal ini ditunjukan masih banyak siswa memperoleh nilai disekitar dan dibawah KKM yaitu 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas belajar dan lingkungan terhadap prestasi belajar, pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar, pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar, pengaruh kreativitas belajar dan lingkungan terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa dengan menggunakan rumus Suharsimi diperoleh sampel 81 siswa kelas XI administrasi perkantoran SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kreativitas belajar (X1) dan lingkungan (X2) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif presentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian dari perhitungan deskriptif persentase menunjukan variabel kreativitas belajar sebesar 76,54% termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan variabel lingkungan sebesar 50,62% termasuk dalam kriteria baik. Dan prestasi belajar dalam kriteria tuntas sebesar 70,37% dan kriteria tidak tuntas sebesar 29,63%. Dengan menggunakan SPSS For Windows Release 16 diperoleh persamaan regresi berganda Ỵ= 61,069+0,125X1+0,199X2. Hasil uji parsial dari variabel kreativitas belajar diperoleh thitung= 3,937 dengan nilai sig = 0,000<0,05 yang berarti ada pengaruh. Pada variabel lingkungan diperoleh thitung = 2,303 dengan nilai sig 0,024<0,05 yang berarti ada pengaruh. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung =17,821dengan nilai sig 0,000<0,05 yang berarti ada pengaruh. Hasil penelitian ini diharapkan kepada guru mata pelajaran program keahlian administrasi perkantoran untuk menumbuhkan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan cara memberikan pendidikan karakter, atau dengan memberi sugesti dan penguatan kepada siswa agar siswa kreatif dalam proses pembelajaran. Pihak sekolah diharapkan memberikan penjelasan atau penyuluhan kepada siswa tentang bersosialisasi dan berinteraksi yang baik terhadap lingkungan (keluarga, sekolah, dan masyarakat). Agar para siswa nyaman dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatlah prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Belajar, Lingkungan, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22786 not found. |
Date Deposited: | 16 May 2014 11:19 |
Last Modified: | 16 May 2014 11:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18992 |
Actions (login required)
View Item |