STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE PROBLEM POSSING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL UMUM KELAS XI IPS SMA N 2 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Rizki Tri Susanti, 7101407069 (2013) STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE PROBLEM POSSING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL UMUM KELAS XI IPS SMA N 2 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE PROBLEM POSSING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL UMUM KELAS XI IPS SMA N 2 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE PROBLEM POSSING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL UMUM KELAS XI IPS SMA N 2 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran adalah metode pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar menggunakan metode problem possing lebih meningkat dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan jurnal umum perusahaan jasa kelas XI Akuntansi di SMA N 2 Batang tahun ajaran 2011/2012. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMA Negeri 2 Batang tahun pelajaran 2011/2012. Tekhnik penentuan kelas diperoleh dengan cara diundi dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol, kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodetes. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan program SPSS versi 16. Data hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata setelah perlakuan mengalami peningkatan.Uji hipotesis 1 menggunakan ujipaired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah treatment di kelas eksperimen, sedangkan uji hipotesis 2 menggunakan uji independentsasmplet-test menunjukan adanya perbedaan hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini , penulis menyarankan agar para guru akuntansi dalam pembelajaran di dalam kelas menggunakan problem possing dengan pemberian tugas terstruktur karena terbukti lebih efektif dari pada metode konvensional dengan ditunjang fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh sekolah guna menambah pengetahuan guru dalam penerapan metode problem possing dan pemberian tugas terstruktur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Metode Problem Possing, Tugas Terstruktur
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 11:20
Last Modified: 16 May 2014 11:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18990

Actions (login required)

View Item View Item