SUMBANGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KEKUATAN OTOT PERUT DAN KEKUATAN OTOT LENGAN BAHU TARHADAP KEMAMPUAN ACCURACY SMASH NORMAL PADA UKM BOLA VOLI PUTRA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2012


Janin Fana Gumilang, 6301408104 (2013) SUMBANGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KEKUATAN OTOT PERUT DAN KEKUATAN OTOT LENGAN BAHU TARHADAP KEMAMPUAN ACCURACY SMASH NORMAL PADA UKM BOLA VOLI PUTRA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SUMBANGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KEKUATAN OTOT PERUT DAN KEKUATAN OTOT LENGAN BAHU TARHADAP KEMAMPUAN ACCURACY SMASH NORMAL PADA UKM BOLA VOLI PUTRA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (SUMBANGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI, KEKUATAN OTOT PERUT DAN KEKUATAN OTOT LENGAN BAHU TARHADAP KEMAMPUAN ACCURACY SMASH NORMAL PADA UKM BOLA VOLI PUTRA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknik smash digunakan sebagai salah satu teknik menyerang guna mematikan lawan. Smash normal mudah untuk dilakukan oleh seorang pemain bola voli akan tetapi jika dilakukan dengan accuracy atau ketepatan pada sasaransasaran tertentu atau bidang permainan lawan yang kosong itu akan menjadi sulit. Dalam penelitian ini permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut : 1) Apakah ada sumbangan daya ledak otot tungkai terhadap accuracy smash normal pada UKM bola voli putra Universitas Negeri Semarang tahun 2012? 2) Apakah ada sumbangan kekutan otot perut terhadap accuracy smash normal pada UKM bola voli putra Universitas Negeri Semarang tahun 2012? 3) Apakah ada sumbangan kekuatan otot lengan bahu terhadap accuracy smash normal pada UKM bola voli putra Universitas Negeri Semarang tahun 2012? 4) Apakah ada sumbangan daya ledak otot tungkai, kekutan otot perut dan kekuatan otot lengan bahu terhadap accuracy smash normal pada UKM bola voli putra Universitas Negeri Semarang tahun 2012? Sampel dalam penelitian ini adalah pemain bola voli UKM Universitas Negeri Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes pengukuran. Data dari hasil tes pengukuran diolah dengan metode analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa Ada sumbangan yang signifikan daya ledak otot tungkai terhadap accuracy smash normal sebesar 29,2% pada UKM bola voli putra Universitas Negeri Semarang tahun 2012. Ada sumbangan yang signifikan kekuatan otot perut terhadap accuracy smash normal sebesar 27,7% pada UKM bola voli putra Universitas Negeri Semarang tahun 2012. Ada sumbangan yang signifikan kekuatan otot lengan bahu terhadap accuracy smash normal sebesar 57% pada UKM bola voli putra Universitas Negeri Semarang tahun 2012. Ada sumbangan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai, kekutan otot perut, kekuatan otot lengan bahu terhadap accuracy smash normal sebesar 75,7% pada UKM bola voli putra Universitas Negeri Semarang tahun 2012. Saran yang dapat peneliti berikan adalah bagi pelaku olahraga (pembina olahraga, pelatih olahraga dan atlet) disarankan untuk menggunakan tipe pelatihan yang disesuaikan pada kemampuan dan takaran yang tepat serta melakukan latihan secara intensif untuk memperkuat daya ledak otot tungkai, kekuatan otot perut dan kekuatan otot lengan bahu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Otot tungkai, otot perut, otot lengan,terhadap accuracy smash normal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 11:20
Last Modified: 16 May 2014 11:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18987

Actions (login required)

View Item View Item