HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, DAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI TERHADAP TENDANGAN JARAK JAUH PEMAIN U-15 SSB TUNAS MUDA BANYUBIRUKAB. SEMARANG TAHUN 2012


Khalil Jibriel, 6301408099 (2013) HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, DAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI TERHADAP TENDANGAN JARAK JAUH PEMAIN U-15 SSB TUNAS MUDA BANYUBIRUKAB. SEMARANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, DAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI TERHADAP TENDANGAN JARAK JAUH PEMAIN U-15 SSB TUNAS MUDA BANYUBIRUKAB. SEMARANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, DAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI TERHADAP TENDANGAN JARAK JAUH PEMAIN U-15 SSB TUNAS MUDA BANYUBIRUKAB. SEMARANG TAHUN 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah apakah ada hubungan panjang tungkai pada tendangan jarak jauh, apakah ada hubungan kekuatan otot tungkai pada tendangan jarak jauh, apakah ada hubungan kelentukan pergelangan kaki pada tendangan jarak jauh dan apakah ada hubungan panjang tungkai,kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kaki terhadap tendangan jarak jauh. Tujuan untuk mengetahui hubungan panjang tungkai pada tendangan, hubungan kekuatan otot tungkai pada tendangan jarak jauh, hubungan kelentukan pergelangan kaki pada tendangan, dan hubungan panjang tungkai,kekuatan otot tungkai,kelentukan pergelangan kaki pada tendangan jarak jauh. Metode penelitian menggunakan survei tes. Populasi penelitian adalah pemain SSB Tunas Muda Banyubiru kab.Semarang yang berjumlah 70 orang dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu panjang tungkai, kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kaki, serta variabel terikat yaitu tendangan jarak jauh. Instrumen tes, tes anthropometer, tes back and leg dynamometer,Goniometer dan tendangan jarak jauh. Data dianalisis dengan statistik kolerasi dan regresi dengan metode uji normalitas, uji homogenitas varians, uji linieritas. Hasil penelitian adalah 1) thitung = 2.145 > 2.119= ttabel, dan sig = 0,048 < 5%, berarti ada hubungan panjang tungkai pada tendangan jarak jauh. 2) thitung = 2.735 > 2.119= ttabel, dan sig = 0,015 < 5%, berarti ada hubungan kekuatan otot tungkai pada tendangan jarak jauh. 3) thitung = 2.405> 0,029 = ttabel, dan sig = 0,000 < 5%, berarti ada hubungan kelentukan pergelangan kaki pada tendangan jarak jauh. 4) F = 12,512 > 3.1967 (nilai F tabel F(0,05;3;20) = 3.1967) dan sig = 0,000 < 5 %, berarti panjang tungkai, kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kaki berhubungan secara simultan terhadap tendangan jarak jauh Kesimpulan 1) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai pada tendangan jarak jauh sebesar 22,4%. 2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai pada tendangan jarak jauh sebesar 26,5%. 3) Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan pergelangan kaki pada tendangan jarak jauh sebesar 31,8%. 4) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai, kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kaki pada tendangan jarak jauh sebesar 64,5%. Saran 1) Sebaiknya pihak pengelola SSB lebih meningkatkan kemampuan menendang jarak jauh pada siswanya melalui pemilihan pemain yang berbakat, tubuh yang ideal serta menguasai teknik yang baik untuk bermain bola, 2) mahasiswa yang ingin melakukan penelitian ulang yang berkaitan dengan jauhnya jangkauan dapat mengambil tingkatan sampel yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai, Kelentukan Pergelangan Kaki, Tendangan Jarak Jauh
Subjects: L Education > L Education (General)
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:21
Last Modified: 16 May 2014 16:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18986

Actions (login required)

View Item View Item