PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MELAKUKAN SURAT MENYURAT DENGAN METODE DRILL SISWA KELAS XI AP SMK TAMAN SISWA KUDUS


Istiqomah, 7101406673 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MELAKUKAN SURAT MENYURAT DENGAN METODE DRILL SISWA KELAS XI AP SMK TAMAN SISWA KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MELAKUKAN SURAT MENYURAT DENGAN METODE DRILL SISWA KELAS XI AP SMK TAMAN SISWA KUDUS]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MELAKUKAN SURAT MENYURAT DENGAN METODE DRILL SISWA KELAS XI AP SMK TAMAN SISWA KUDUS)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Observasi awal di SMK Taman Siswa Kudus menunjukkan bahwa hasil belajar “Melakukan surat menyurat masih ada yang belum mencapai KKM.” Hal ini terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian kelas XI adalah 61,14 dengan ketuntasan klasikal sebesar 30,23%. Didapatkan beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran melakukan surat menyurat antara lain, kurang adanya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, penyampaian materi hanya fokus pada guru. Melihat hasil belajar siswa yang rendah maka perlu adanya penggunaan metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa SMK Taman Siswa Kudus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode Drill pada pelajaran melakukan surat menyurat pada siswa kelas XI AP SMK Taman Siswa Kudus dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI AP 1 SMK Taman Siswa Kudus yang berjumlah 43 orang. Prosedur dalam penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan (berupa lembar observasi siswa dan guru), tes hasil belajar (tes essay/uraian) tiap akhir siklus dan dokumentasi (berupa foto/gambar). Hasil penelitian ini diperoleh prosentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I dengan menggunakan metode drill sebesar 71,43% (cukup baik) dan siklus II meningkat menjadi 92,86% (baik). Rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I dengan menggunakan metode drill sebesar 79,49 dengan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 72,09% dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 82,12 dan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 90,70%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Drill dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AP 1 SMK Taman Siswa Kudus. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: guru AP di SMK Taman Siswa Kudus dapat menerapkan metode Drill pada mata pelajaran melakukan surat menyurat, karena terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Drill
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:22
Last Modified: 16 May 2014 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18982

Actions (login required)

View Item View Item