PENGARUH SIKAP SISWA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK CUT NYA’DIEN SEMARANG


Lia Prasetya Ningrum, 7101406618 (2013) PENGARUH SIKAP SISWA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK CUT NYA’DIEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SIKAP SISWA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK CUT NYA’DIEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH SIKAP SISWA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK CUT NYA’DIEN SEMARANG)
Download (987kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa factor diantaranya adalah sikap dan kebiasaan belajar siswa.Permasalahan yang dikaji adalah (1) untuk menganalisis pengaruh sikap siswa pada mata pelajaran akuntansi dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Cut Nya’ Dien Semarang. (2) untuk menganalisis pengaruh sikap siswa pada mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Cut Nya’ Dien Semarang. (3) untuk menganalisis pengaruh kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI Akuntansi SMK Cut Nya' Dien yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 67 siswa dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan regresi terkomputerisasi dengan SPSS. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh model regresi Y= - 14,106+0,294X1+0,672X2, uji parsial dan simultan diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 dan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh sikap dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi Smk Cut Nya’ Dien Semarang adalah sebesar 65,9% dan 34,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dikaji. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh sikap dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Cut Nya’Dien Semarang secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian tersebut menyarankan sebaiknya guru dapat menumbuhkan sikap dan kebiasaan belajar siswa sehingga siswa lebih baik lagi dalam belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Sikap, Kebiasaan Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:22
Last Modified: 16 May 2014 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18979

Actions (login required)

View Item View Item