ANALISIS KEBERHASILAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLORA


Sri Hartuti, 7101406123 (2013) ANALISIS KEBERHASILAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEBERHASILAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLORA]
Preview
PDF (ANALISIS KEBERHASILAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLORA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang akan mempengaruhi keberhasilan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) pada kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blora. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian evaluasi. Variabel yang akan di teliti adalah evaluasi suatu program dengan menggunakan evaluasi model CIPP (Context, Input, Procces dan Product). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII AP yang ada di SMK Negeri 2 Blora yang berjumlah 79 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah stastistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata yang terjadi pada aspek Contect adalah sebesar 31,73 yang termasuk dalam kriteria baik. 51 siswa berpendapat bahwa Contect dari prakerin termasuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 64,56%. Sebanyak 27 responden berpendapat sangat baik dengan persentase 34,18%. Sisanya sebanyak 1 responden mengungkapkan bahwa Contect dari prakerin telah dilaksanakan dengan cukup baik dengan persentase 1,26%. Rata-rata yang terjadi dalam aspek Input adalah sebesar 36,16 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. 59 respoden (74,69%) berpendapat bahwa aspek Input dalam kriteria baik. 18 responden (22,78%) berpendapat sangat baik. 2 responden (2,53%) berpendapat cukup baik. Rata-rata yang terjadi dalam aspek Procces adalah sebesar 24,42 yang termasuk dalam kriteria baik. 42 responden (53,16%) berpendapat bahwa aspek proses dari prakerin dalam kriteria baik. 37 siswa (46,84%) berpendapat cukup baik. Rata-rata yang terjadi dalam aspek Product adalah sebesar 19,58 termasuk dalam kriteria cukup baik. 45 responden (56,96%) berpendapat baik. 34 responden (43,04%) berpendapat bahwa cukup baik. Simpulan penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi keberhasilan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) pada kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blora Aspek konteks adalah pemahaman dan kesadaran mereka mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing. Aspek masukan memberikan gambaran tentang ketersediaan alat sebagai sarana praktekdan pembimbingan yang dilakukan selama praktek berlangsung. Aspek proses meliputi ketepatan dan keterampilan siswa dalam pengerjaan tugasdan penguasaan materi yang diterima di sekolah. Aspek hasil merupakan respon yang viii ditunjukkan oleh pihak industry atau sebagai timbal balik yang diberikan oleh pihak industry kepada pihak sekolah. Disarankan kepada siswa hendaknya lebih memperhatikan pembelajaran yang telah di ikuti dengan seksama agar antara teori dengan praktek sehingga dapat diselaraskan. Pihak sekolah agar menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan pihak industri agar tercipta suasana yang nyaman dan penyesuaian yang mudah dengan lingkungan tempat praktek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keberhasilan Prakerin, Contect, Input, Process, Product.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:24
Last Modified: 16 May 2014 16:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item View Item