KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH


Ryo Cahyo Wicaksono, 4101409077 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika pada tingkat dasar hingga menengah. Penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan CD pembelajaran dapat membantu peserta didik memahami pokok masalah yang terjadi, sehingga dapat diambil cara untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan CD pembelajaran dan diskusi kelompok dapat memacu peserta didik untuk tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang ditunjukkan dengan: (1) hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model Mind Mapping berbantuan CD pembelajaran mencapai kriteria ketuntasan klasikal, (2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model Mind Mapping berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada dengan menggunakan model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 3 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran model Mind Mapping berbantuan CD pembelajaran dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran ekspositori. Data kemampuan pemecahan masalah peserta didik diperoleh dengan metode tes dan dianalisis dengan menggunakan uji proporsi dan uji beda rata-rata. Berdasarkan uji proporsi pada kelas eksperimen, diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mind mapping, kemampuan pemecahan masalah, CD pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:29
Last Modified: 16 May 2014 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18965

Actions (login required)

View Item View Item