KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI KELAS-VIII


Eka Kusumawati, 4101409075 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI KELAS-VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI KELAS-VIII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI KELAS-VIII)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan karena kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam dunia kerja. Untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik diperlukan suatu model pembelajaran matematika yaitu pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan alat peraga. Menurut hasil ujian nasional tahun pelajaran 2009/2010 dan 2010/2011 daya serap materi luas permukaan bangun ruang sisi datar peserta didik SMP Negeri 1 Mejobo Kudus hanya mencapai 44,93% dan 45,52%. Oleh karena itu, fokus materi pada penelitian ini adalah luas permukaan bangun ruang sisi datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang mendapat pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan alat peraga tuntas, rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang mendapat pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan alat peraga lebih baik dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang mendapat pembelajaran ekspositori, adanya pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, observasi, tes dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji rata-rata satu pihak, uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen adalah 81,89, persentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 89%, kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan alat peraga efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mejobo Kudus pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif matematis, motivasi belajar, Team Assisted Individualization (TAI).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:29
Last Modified: 16 May 2014 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18963

Actions (login required)

View Item View Item