PENERAPAN PENDEKATAN AKTIVITAS AESOP’S BERORIENTASI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 2 PEMALANG


Condro Surekso, 4401409009 (2013) PENERAPAN PENDEKATAN AKTIVITAS AESOP’S BERORIENTASI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 2 PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PENDEKATAN AKTIVITAS AESOP’S BERORIENTASI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 2 PEMALANG]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN AKTIVITAS AESOP’S BERORIENTASI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 2 PEMALANG)
Download (21MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran materi pencemaran lingkungan tingkat SMA memiliki kompetensi dasar menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan atau pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan. Salah satu metode yang tepat dalam pembelajaran materi ini adalah dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di SMAN 2 Pemalang, sejauh ini pembelajaran materi pencemaran lingkungan dilakukan menggunakan metode ceramah sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa belum optimal. Salah satu cara yang dirasa tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan pendekatan aktivitas aesop’s berorientasi lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa SMAN 2 Pemalang pada pembelajaran materi pencemaran lingkungan dengan penerapan Pendekatan Aktivitas Aesop’s berorientasi lingkungan. Desain penelitian ini adalah one shot case study. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas X.1 dan X.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas seluruh siswa kelas X.1 dan X.3 mencapai tingkat aktivitas belajar dengan kriteria sangat aktif dan aktif, hasil belajar siswa kelas X.1 dan siswa kelas X.3 berturutturut sebanyak 84% dan 94% memperoleh nilai akhir > 80. Hasil observasi kinerja guru menunjukkan kriteria baik dan sangat baik. Hasil angket tanggapan siswa menunjukkan mayoritas siswa memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah diterapkan. Guru juga memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran yang diterapkan, guru menyatakan bahwa pendekatan aktivitas aesop’s berorientasi lingkungan dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, membantu siswa memperoleh pengalaman ilmiah dalam belajar, membantu siswa untuk menemukan konsepnya sendiri dalam belajar, dan dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan aktivitas aesop’s berorientasi lingkungan pada pembelajaran materi pencemaran lingkungan dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan Hasil belajar; Materi Pencemaran Lingkungan; Pendekatan aktivitas aesop’s
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:29
Last Modified: 16 May 2014 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18962

Actions (login required)

View Item View Item