PENERAPAN MEDIA BAGAN ELEKTRIK DALAM METODE MAKE A MATCH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMP


Subiantoro, 4401408113 (2013) PENERAPAN MEDIA BAGAN ELEKTRIK DALAM METODE MAKE A MATCH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MEDIA BAGAN ELEKTRIK DALAM METODE MAKE A MATCH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMP]
Preview
PDF (PENERAPAN MEDIA BAGAN ELEKTRIK DALAM METODE MAKE A MATCH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMP)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Menurut Hasan (2004), dalam proses belajar mengajar, peran guru sangat penting karena di tangan merekalah suasana kelas akan hidup, diminati, dan diperhatikan. Hal ini antara lain dapat didukung dengan penggunaan media dan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran. Inovasi dalam menggunakan media sangat menunjang keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 4 Ungaran bahwa pada umumnya hasil belajar materi sistem pernapasan pada siswa SMP Negeri 4 Ungaran masih rendah (belum mencapai KKM). Aktivitas dan motivasi belajar yang rendah disebabkan karena media yang digunakan disekolah belum bervariasi dan belum ditambah dengan metode pembelajaran. Media yang biasa digunakan disekolah adalah media gambar. Media ini hanya dapat menunjukkan gambar struktur organ pernapasan, tetapi tidak dapat memvisualisasikan mekanisme terjadinya proses pernapasan yang berlangsung pada manusia. Hal ini menyebabkan siswa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan siswapun mengalami kesulitan dalam memahami proses pernapasan pada manusia. Penelitian akan dilakukan di kelas VIII SMP N 4 Ungaran, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan desain One shot case design. Sampelnya adalah kelas VIII C dan VIII F di SMP N 4 Ungaran semester genap 2012/2013. Sebagai data pendukung adalah tanggapan guru dan tanggapan siswa. Data tentang aktivitas siswa, motivasi belajar dan tanggapan siswa dianalisis menggunakan analisa deskreptif persentase, sedangkan hasil wawancara guru dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Uutuk data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penellitian menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajar (nilai hasil belajar ≥ 75) ≥ 80 %, serta siswa yang aktif dan termotivasi dalam pembelajaran ≥ 80 %. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa termasuk dalam kriteria sangat baik yakni sebesar 89,6% serta tanggapan siswa selama proses pembelajaran termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media bagan elektrik dalam metode make a match efektif diterapkan pada materi sistem pernapasan di SMP N 4 Ungaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Bagan Elektrik, Metode Make A Match, Sistem Pernapasan, Aktivitas Siswa, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:29
Last Modified: 16 May 2014 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18961

Actions (login required)

View Item View Item