PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X


Fitria Ningsih, 4401408112 (2013) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X)
Download (110MB) | Preview

Abstract

Modul praktikum berbasis kewirausahaan merupakan bahan ajar untuk kegiatan praktikum berbasis kewirausahaan, yang disusun secara sistematis dan relevan dalam membantu siswa belajar secara mandiri. Bahan ajar yang digunakan di MAN 2 Kudus belum berbasis kewirausahaan sehingga perlu dikembangkan bahan ajar berbasis kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi jenis bahan ajar yang digunakan di MAN 2 Kudus, (2) mengidentifikasi apakah modul praktikum berbasis kewirausahaan perlu dikembangkan sebagai bahan ajar praktikum, (3) mengembangkan modul praktikum berbasis kewirausahaan materi keanekaragaman hayati, dan (4) menguji pengaruh signifikan penerapan modul praktikum berbasis kewirausahaan terhadap hasil belajar dan minat wirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Prosedur penelitian ini meliputi riset awal/analisis kebutuhan, pengembangan modul, validasi oleh validator, uji coba skala kecil, dan uji coba skala luas. Analisis kebutuhan pengembangan melibatkan 3 guru biologi. Validasi modul praktikum berbasis kewirausahaan melibatkan validator desain, materi dan kewirausahaan. Uji coba skala kecil bertujuan mengumpulkan data keterbacaan modul dan kevalidan instrumen penelitian yang dilakukan pada 10 siswa kelas XI menggunakan teknik purposive sampling. Uji coba skala luas dilakukan untuk mengumpulkan data tentang pengaruh penggunaan modul praktikum berbasis kewirausahaan terhadap hasil belajar dan minat wirausaha. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kudus. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Data penerapan modul praktikum berbasis kewirausahaan dikumpulkan dengan lembar observasi. Data minat wirausaha dikumpulkan dengan skala psikologi. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes materi keanekaragaman hayati dan penugasan (hasil produk serta laporan praktikum). Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Uji t digunakan untuk melihat pengaruh modul praktikum terhadap hasil belajar. Uji regresi linier sederhana digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh modul praktikum terhadap hasil belajar dan minat wirausaha. Uji korelasi digunakan untuk melihat hubungan antara hasil belajar dan minat wirausaha siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar di MAN 2 Kudus belum berbasis kewirausahaan sehingga perlu dikembangkan bahan ajar berbasis kewirausahaan berupa modul praktikum. Pada tahap validasi, pengembangan modul praktikum berbasis kewirausahaan telah dinilai valid oleh validator. Pengaruh penerapan modul praktikum berbasis kewirausahaan terhadap hasil belajar menggunakan uji t (thitung>ttabel) dan uji regresi linier sederhana (nilai sig.<0.05; r Square 0,769). Pengaruh penggunaan modul praktikum berbasis kewirausahaan terhadap minat wirausaha menggunakan uji regresi linier sederhana (nilai sig.<0.05; r Square 0,814). Hubungan antara minat wirausaha dan hasil belajar menggunakan uji korelasi (nilai korelasi = 82,2%; nilai sig.<0.05). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan modul praktikum berbasis kewirausahaan berpengaruh terhadap hasil belajar dan minat wirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat wirausaha; modul praktikum kewirausahaan; keanekaragaman hayati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:31
Last Modified: 16 May 2014 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18959

Actions (login required)

View Item View Item