PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA


Walan Setia Pangastuti, 4401408110 (2013) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Guru biasanya menggunakan alat evaluasi berupa soal-soal. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi di SMA N 1 Weleri, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam berpikir kritis belum diukur padahal dalam pembelajaran siswa sudah menunjukkan kemampuan berpikir kritis. Soal-soal yang digunakan belum mampu untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan alat evaluasi menurut validator. Serta mengetahui karakteristik butir dan tes alat evaluasi berbasis berpikir kritis pada materi sistem gerak yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diuji cobakan di kelas XI IPA 1, 2, dan 3 SMA N 1 Weleri. Data penelitian berupa kelayakan alat evaluasi oleh pakar, tanggapan siswa terhadap alat evaluasi yang dikembangkan, serta daya pembeda, tingkat kesukaran, dan reliabilitas soal. Dihasilkan alat evaluasi berbasis berpikir kritis pada materi sistem gerak di SMA. Alat evaluasi berupa 20 soal terdiri dari pilihan ganda, sebab-akibat dan uraian masing-masing sebanyak 10, 5, dan 5 item. Hasil pengembangan alat evaluasi dinyatakan sangat layak oleh validator. Analisis daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas alat evaluasi yang dikembangkan baik. Daya pembeda soal ≥0,3, tingkat kesukaran soal antara 0,3-0,7 sebanyak 12 item, reliabilitas soal pilihan ganda 0,63 dan uraian 0,61. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap alat evaluasi yang dikembangkan. Simpulan dari penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan alat evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir kritis pada meteri sistem gerak di SMA berupa 20 item soal yang layak dan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat evaluasi, berpikir kritis, materi sistem gerak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:31
Last Modified: 16 May 2014 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18957

Actions (login required)

View Item View Item