PENGEMBANGAN KOMIK SAINS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DI SMP


Gandi Adi Nugroho, 4401408108 (2013) PENGEMBANGAN KOMIK SAINS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KOMIK SAINS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DI SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KOMIK SAINS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DI SMP)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Materi sistem pernapasan adalah materi yang termasuk dalam ranah fisiologis dan cenderung hafalan sehingga menyulitkan siswa untuk memahami konsep yang dipelajari. Oleh sebab dibutuhkan media pembelajaran yang menarik serta efektif untuk memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan komik sains berbasis kontekstual sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan yang valid, serta menganalisis efektivitasnya dalam pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Research and Development menurut Sugiyono (2009). Penelitian dilakukan di SMP N 2 Jepara pada semester gasal tahun pelajaran 2012/2013. Penentuan sampel menggunakan teknik convenience sampling dan diperoleh kelas VIIIG sebagai subyek penelitian. Variabel yang akan diukur dalam penelitian ini adalah validitas dan efektifitas komik sains (KSBK) dalam pembelajaran sistem pernapasan. Validitas diukur berdasarkan hasil penilaian dari ahli media dan ahli materi melalui instrumen berupa angket. Efektivitas diukur berdasarkan indikator hasil belajar kognitif yang datanya diambil dengan metode One Shot Case Study menggunakan instrumen soal, dan motivasi siswa yang datanya diambil melalui instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan komik yang dikembangkan valid berdasarkan penilaian dari ahli media diperoleh angka 84,85%, dan ahli materi 96,30%. Komik sains yang dikembangkan juga terbukti efektif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar kognitif yang mencapai ketuntasan klasikal 88%, dan motivasi belajar siswa 56% baik, 44% sangat baik. Hasil rekapitulasi angket tanggapan siswa juga menunjukkan 56% siswa memberi tanggapan baik, dan 44% siswa memberi tanggapan sangat baik. Sedangkan rekapitulasi angket tanggapan guru menunjukkan bahwa guru memberikan tanggapan sangat baik terhadap penggunaan komik sains dalam pembelajaran. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah Komik Sains Berbasis Kontekstual (KSBK) materi sistem pernapasan untuk jenjang SMP yang dikembangkan sangat valid dan efektiv digunakan dalam pembelajaran sistem pernapasan di SMP. Penggunaan Komik sains berbasis kontekstual mendapatkan respon yang baik dari guru maupun dan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komik sains; media pembelajaran; sistem pernapasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:31
Last Modified: 16 May 2014 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18955

Actions (login required)

View Item View Item