PENERAPAN STRATEGI BIOEDUTAINMENT PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SUB MATERI TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 WELERI


Ayutika Proboningrum Suryorini, 4401408096 (2012) PENERAPAN STRATEGI BIOEDUTAINMENT PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SUB MATERI TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 WELERI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN STRATEGI BIOEDUTAINMENT PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SUB MATERI TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 WELERI]
Preview
PDF (PENERAPAN STRATEGI BIOEDUTAINMENT PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SUB MATERI TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 WELERI)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di SMA Negeri 1 Weleri diketahui bahwa interaksi pembelajaran antara siswa dan guru relatif rendah. Hanya 10 % siswa yang aktif dalam pembelajaran di kelas, <75% hasil belajar siswa memenuhi KKM. Hal tersebut dikarenakan penggunaan metode belajar yang masih monoton. Untuk menciptakan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman secara nyata salah satunya dengan menerapkan strategi bioedutainment. Pada materi keanekaragaman hayati sub materi tumbuhan siswa dituntut untuk melakukan pengamatan. Di SMA Negeri 1 Weleri terdapat kebun sekolah yang terdapat beranekaragam tumbuhan yang belum dimanfaatkan secara optimal.Populasinya seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Weleri. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas XE dan kelas XF. Penelitian ini termasuk pendekatan penelitian Pre Eksperimental Design dengan menggunakan rancangan One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% siswa kelas XE dan XF memiliki aktivitas belajar dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar siswa yaitu 93,33 % siswa XE dan 96,67% siswa kelas XF telah mencapai nilai ≥ 75. Hasil tanggapan siswa menunjukkan bahwa 98% siswa kelas XE dan 97% siswa kelas XF merasa senang dan sangat senang terhadap penerapan strategi bioedutainment pada materi keanekaragaman hayati sub materi tumbuhan di SMA Negeri 1 Weleri. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi bioedutainment pada materi keanekaragaman hayati sub materi tumbuhan di SMA Negeri 1 Weleri berhasil diterapkan. Hal ini ditunjukkan dengan 90% siswa siswa aktif dan 97,5% siswa merasa sangat senang dan 95% hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu nilai 75 sehingga mampu mencapai indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu ≥75% siswa aktif dan senang dan ≥85% hasil belajar siswa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi bioedutainment; materi keanekaragaman hayati; SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:36
Last Modified: 16 May 2014 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18952

Actions (login required)

View Item View Item