PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KONTEKSTUAL DENGAN PEMANFAATAN KONDISI LINGKUNGAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN DI SMA N 2 REMBANG


Adityas Meyhandoko, 4401408094 (2013) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KONTEKSTUAL DENGAN PEMANFAATAN KONDISI LINGKUNGAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN DI SMA N 2 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KONTEKSTUAL DENGAN PEMANFAATAN KONDISI LINGKUNGAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN DI SMA N 2 REMBANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KONTEKSTUAL DENGAN PEMANFAATAN KONDISI LINGKUNGAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI PENCEMARAN DI SMA N 2 REMBANG)
Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi sebagai bagian dari sains menekankan pada pemberian pengalaman langsung, salah satunya yaitu dengan pelaksanaan praktikum. Ketika praktikum dilakukan siswa, maka akan terjadi interaksi pengetahuan yang telah dimiliki siswa dengan lingkungan tempat belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan keefektifan petunjuk praktikum kontekstual dengan pemanfaatan kondisi lingkungan lokal dalam pembelajaran materi pencemaran sebagai petunjuk praktikum dalam praktikum pencemaran siswa SMA N 2 Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian yang ditempuh sesuai alur kerja pada R&D (Sugiyono 2010) adalah Identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain oleh pakar/ahli, revisi produk, ujicoba produk, revisi desain, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Jenis data yang diambil adalah validasi pakar, tanggapan siswa dan guru, hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah skor validasi pakar 97,2% dan rata-rata skor tanggapan siswa dan guru 96,1% lebih besar dari indikator keberhasilan yaitu ≥ 81,25%, sehingga petunjuk praktikum layak digunakan. Hasil belajar siswa menunjukkan 97,9% siswa memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu ≥ 75 dan aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 97,9%. Hasil tersebut lebih besar dari indikator keberhasilan dimana 90% siswa tuntas belajar dan aktif dalam pembelajaran, sehingga petunjuk praktikum dinyatakan efektif digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum kontekstual dengan pemanfaatan kondisi lingkungan lokal dalam pembelajaran materi pencemaran layak dan efektif digunakan oleh siswa SMA N 2 Rembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan lingkungan lokal, pencemaran, petunjuk praktikum kontekstual, SMA 2 Rembang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 09:59
Last Modified: 19 May 2014 09:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item