PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 3 UNGARAN


Purwanto, 1102409002 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 3 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 3 UNGARAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 3 UNGARAN)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada mata pelajaran Bahasa Jawa khususnya dalam membaca di SMP N 3 Ungaran telihat kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, guru masih menggunakan metode ceramah dan guru belum sepenuhnya memanfaatka media yang berbasis komputer. Sedangkan siswa dalam kegiatan pembelajaran masih cenderung pasif, hanya beberapa siswa saja yang terlihat aktif. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dikembangkan media pembelajaran membaca Aksara Jawa berbasis macromedia flash 8 mata pelajaran Bahasa Jawa khususnya membaca sebagai salah satu sumberl belajar. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Research and Devolepment. Research and Devolepment (penelitian dan pengembangan) dilaksanakan melalui beberapa langkah yang telah dimodifikasi yaitu meliputi : masalah dan potensi, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba skala kecil, revisi produk, ujicoba skala besar, revisi, produk final. Uji pemakaian produk mengguanakan metode eksperimen bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media pembelajaran membaca Aksara Jawa berbasis macromedia flash 8 untuk siswa kelas VIII SMP N 3 Ungaran. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut, terlihat bahwa setelah post test terjadi peningkatan jumlah siswa yang memenuhi SKM (≥ 70), dari 11 siswa sebelum penggunaan media menjadi 29 siswa setelah menggunakan media. Skor rata-rata pada pre-test adalah 58 dan pada post-test adalah 77, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar pada uiji coba skala besar secara keseluruhan 670 dengan presentase 20 %. Dari pengolahan data table juga terlihat peningkatan persentase siswa yang memenuhi SKM (≥ 70). Sebelum penggunaan media jumlah siswa yang memenuhi SKM sebesar 32 %, menjadi 85 % setelah siswa menggunakan media. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran membaca aksara jawa berbasis macromedia flash 8 kelas VIII SMP N 3 Ungaran sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran bahsa jawa dalam hal membaca aksara jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: program mcromedia flash 8, media pembelajaran, mata pelajaran bahasa jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:36
Last Modified: 16 May 2014 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item