PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP
Wulandari, 4401408090 (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP)
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah suatu lembaran yang berisi pekerjaan atau bahan-bahan yang membuat siswa lebih aktif dalam mengambil makna dari proses pembelajaran. LKS dapat digunakan sebagai penunjang untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar dan dapat mengoptimalkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis cerita bergambar dan menguji keefektifan produk LKS di SMP YPE Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development, dan pada uji coba skala luas digunakan rancangan One Shot Case Study. Subjek penelitian untuk uji coba produk adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP YPE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian hasil pengembangan LKS berbasis cerita bergambar oleh pakar media 77,08% dan pakar materi 83,30% dengan kategori sangat layak. Tanggapan positif siswa terhadap penggunaan hasil pengembangan LKS mencapai 100%, dan berdasarkan uji coba pemakaian LKS mencapai ketuntasan klasikal 87,5% pada KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis cerita bergambar layak digunakan dan efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem pencernaan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerita bergambar; Lembar Kerja Siswa; sistem pencernaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 22794 not found. |
Date Deposited: | 16 May 2014 16:36 |
Last Modified: | 16 May 2014 16:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18949 |
Actions (login required)
View Item |