EFEKTIVITAS KOMBINASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN DENGAN PICTURE PUZZLE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP N 2 GABUS KABUPATEN PATI


Alfiatun Nuriah, 4401408081 (2013) EFEKTIVITAS KOMBINASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN DENGAN PICTURE PUZZLE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP N 2 GABUS KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS KOMBINASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN DENGAN PICTURE PUZZLE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP N 2 GABUS KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS KOMBINASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN DENGAN PICTURE PUZZLE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP N 2 GABUS KABUPATEN PATI)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas siswa adalah dengan cara menerapkan suatu model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dan kreatif. Penerapan kombinasi pembelajaran kooperatif time token dengan permainan picture puzzle bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kombinasi model pembelajaran time token dengan picture puzzle pada materi sistem peredaran darah di SMPN 2 Gabus Kabupaten Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 2 Gabus, sebagai sampel adalah siswa kelas VIIIA, VIIIB dan kelas VIIIE yang diambil dengan teknik random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kombinasi pembelajaran kooperatif time token dengan picture puzzle, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar, aktivitas dan motivasi siswa. Variabel kendali dalam penelitian ini adalah guru, jam pelajaran dan sarana prasarana. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa pada kelas VIIIA mencapai 83%, kelas VIIIB sebanyak 81% sedangkan kelas VIIIE 86%. Ketuntasan klasikal untuk kelas VIIIA sebesar 78,26%, kelas VIIIB 86,96% dan kelas VIIIE 95,24% telah melampaui KKM ≥75. Rata-rata motivasi siswa setiap kelas mencapai 100%, serta siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap kombinasi pembelajaran kooperatif time token dengan picture puzzle. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi pembelajaran kooperatif tipe time token dengan picture puzzle efektif diterapkan pada materi sistem peredaran darah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif time token, picture puzzle, sistem peredaran darah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 09:59
Last Modified: 19 May 2014 09:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18948

Actions (login required)

View Item View Item