PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TENGAH


Imam Fajari, 1102408017 (2013) PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TENGAH]
Preview
PDF (PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TENGAH)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari kehidupan yang sudah menjadi kebutuhan pokok manusia dengan pendidikan kita dapat meningkatkan kualitas dan kesejateraan hidup kita. Banyak hal penunjang dalam dunia pendidikan salah satunya adalah perpustakaan. Perpustakaan tersebut harus dikelola secara professional agar tercipta perpustakaan yang prosfesional juga. BPTIKP sebagai salah satu unit pelayanan pendidikan juga mempunyai perpustakaan sebagai salah satu sarana pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemberdayaan di perpustakaan BPTIKP Dinas Pendidikan Jawa Tengah dengan melihat beberapa aspek pemberdayaan yaitu: pemberdayaan sumber daya manusia, pengelolaan buku serta melihat ruang dan kelengkapan bahan pustaka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara, serta menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa perpustakaan BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu contoh perpustakaan yang ideal hal tersebut dapat dilihat beberapa aspek berikut yaitu pemberdayaan sumber daya manusia, pengelolaan buku serta melihat ruang dan kelengkapan bahan pustaka. Pemberdayaan sumber daya manusia di perpustakaan BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah telah dilakukan dengan professional hal tersebut dilihat dari telah terlaksananya proses manejemen yang maksimal oleh kepala balai. Manejemen tersebut meliputi planning, organizing, actuating dan controlling. Manejemen planning terlihat dari adnya visi, misi dan tujuan yang jelas dari perpustakaan, manejemen organizing terlihat dari adanya struktur organisasi yang jelas dan telah berjalan sesuai fungsinya, adanya rincian tugas pengelolaan perpustakaan yang dimana tugas-tugas tersebut telah berjalan dengan baik serta adanya program kerja tiap tahunnya. Manajemen actuating terlihat dari adanya beberapa program penggerak dan insentif yang diberikan sesuai jasa dan tugasnya, sedangkan manajemen controlling dapat terlihat dari adanya supervise secara rutin dan berkala di perpustakaan ini. Pemberdayaan selanjutnya mengenai pemberdayaan bahan pustaka untuk mengetahui hal ini kita dapat melihat dari adanya manajemen pengelolaan buku atau bahan pustaka yang sistematis. Mananjemen tersebut meliputi proses 1)prakatalogisasi dimana dalam proses tersebut dilakukan inventerisasi bahan pustaka dan pemberian tanda kepemilikan, selanjutnya proses 2)katalogisasi meliputi proses pengkatalongan atau proses bibliografi, pemberian nomor klasifikasi bahan pustaka serta

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan perpustakaan, BPTIKP Dinas Provinsi Jawa Tengah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 16:31
Last Modified: 16 May 2014 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18944

Actions (login required)

View Item View Item