PENGARUH PANJANG DAN LATIHAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL PUKULAN SMAS PENUH PADA PEMAIN PUTRA PB. SINAR MUTIARA PEMALANG TAHUN 2012


Yanuar Reza Wicaksono, 6301408014 (2012) PENGARUH PANJANG DAN LATIHAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL PUKULAN SMAS PENUH PADA PEMAIN PUTRA PB. SINAR MUTIARA PEMALANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PANJANG DAN LATIHAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL PUKULAN SMAS PENUH PADA PEMAIN PUTRA PB. SINAR MUTIARA PEMALANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (PENGARUH PANJANG DAN LATIHAN POWER LENGAN TERHADAP HASIL PUKULAN SMAS PENUH PADA PEMAIN PUTRA PB. SINAR MUTIARA PEMALANG TAHUN 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah: 1) Apakah ada pengaruh panjang lengan panjang dan panjang lengan kurang terhadap hasil pukulan smas penuh?, 2) Apakah ada pengaruh latihan power lengan dengan straight arm pullover dan arm curl terhadap hasil pukulan smas penuh?, dan 3) Apakah ada interaksi panjang dan latihan power lengan terhadap hasil pukulan smas penuh?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: 1) Pengaruh panjang lengan panjang dan panjang lengan pendek terhadap hasil pukulan smas penuh, 2) Pengaruh latihan power lengan dengan straight arm pullover dan arm curl terhadap hasil pukulan smas penuh dan 3) Interaksi panjang lengan dan latihan power lengan terhadap hasil pukulan smas penuh. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian atlet putra PB. Sinar Mutiara berjumlah 20 orang. Sampel untuk penelitian sebanyak 20 pemain yang diambil dengan teknik total sampling. Variabel bebas penelitian adalah panjang lengan (panjang dan pendek) dan latihan power lengan (straight arm pullover dan arm curl), variabel terikat adalah hasil pukulan smas penuh. Instrumen power lengan dengan tes medicine ball throw, pengukuran panjang lengan dengan alat antrhopometer dan instrumen smas penuh dengan tes pukulan smas penuh. Data yang diperoleh di analisis menggunakan anava dua jalur. Hasil analisis anava diperoleh: 1) Nilai Fh pada perlakuan A (panjang lengan) sebesar = 37,592 dengan signifikasi 0,000 berarti Fh signifikan karena signifikasinya < 0,05, sehingga ada perbedaan pengaruh antara panjang lengan panjang dengan panjang lengan pendek terhadap hasil pukulan smas 2) nilai Fh pada perlakuan B (power lengan) sebesar = 0,000 dengan signifikasi 1,000 berarti Fh tidak signifikan karena signifikasinya > 0,05 sehingga tidak ada perbedaan pengaruh antara latihan straight armpullover dan arm curl terhadap hasil pukulan smas penuh, 3) Nilai Fh pada interaksi A dan B (panjang dan latihan power lengan) sebesar 5,000 dengan signifikasi 0,784 berarti Fh tidak signifikan karena signifikasinya > 0,05, sehingga tidak ada interaksi panjang dan latihan power lengan terhadap hasil pukulan smas penuh pada pemain putra PB. Sinar Mutiara Pemalang Tahun 2012. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) Bagi pelatih agar dalam melatih pukulan smas penuh perlu mengelompokan panjang lengan, karena panjang lengan berukuran panjang lebih efektif memberikan hasil pukulan smas penuh yang baik. 2) Untuk meningkatkan power perlu mempertimbangkan penggunaaan latihan power yang sesuai dengan gerakan smas penuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: panjang lengan, latihan power straight arm pullover, arm curl dan hasil pukulan smas penuh
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:00
Last Modified: 19 May 2014 10:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18939

Actions (login required)

View Item View Item