UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PANGGUNG BONEKA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI SUMBERWULAN TAHUN AJARAN 2012/2013


SUSANAH, 1601910038 (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PANGGUNG BONEKA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI SUMBERWULAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PANGGUNG BONEKA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI SUMBERWULAN TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PANGGUNG BONEKA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI SUMBERWULAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak didik Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Sumberwulan Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo, terutama untuk meningkatkan kemampuan menerima bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaraan. Penelitian dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah anak didik Kelompok B TK Pertiwi Sumberwulan Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo yang terdiri dari 20 anak didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentatif dan deskriptif aktifitas anak didik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbahasa anak terjadi peningkatan dari kondisi awal sebesar 40% menjadi 45% setelah dilaksanakan tindakan siklus I, pada siklus II kemampuan berbahasa anak mencapai hasil 52%, pada tahap terakhir dilaksanakan tindakan siklus III dengan hasil 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita menggunakan panggung boneka di Taman Kanak-kanak Pertiwi sumberwulan dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa Anak, Metode Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:06
Last Modified: 19 May 2014 10:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18937

Actions (login required)

View Item View Item