PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAN TINGKAT KEAKTIFAN SISWA PADA SUBTEMA MENGENAL NAMA-NAMA HEWAN PELIHARAAN BAGI ANAK USIA DINI DI TK I GABUS

Anggoro Indro Priyo Saputro, 5301409103 (2013) PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAN TINGKAT KEAKTIFAN SISWA PADA SUBTEMA MENGENAL NAMA-NAMA HEWAN PELIHARAAN BAGI ANAK USIA DINI DI TK I GABUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAN TINGKAT KEAKTIFAN SISWA PADA SUBTEMA MENGENAL NAMA-NAMA HEWAN PELIHARAAN BAGI ANAK USIA DINI DI TK I GABUS)
Download (1206Kb)

    Abstract

    Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan semakin pesat. Hal ini menimbulkan persaingan antar satuan pendidikan. Multimedia untuk membantu mengenal nama–nama hewan peliharaan bagi anak usia dini diharapkan dapat membantu salah satu tempat pendidikan anak usia dini untuk memanfaatkan multimedia tersebut dalam proses pembelajarannya Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan multimedia pembelajaran bagi anak usia dini dapat menunjukan perbedaan tingkat keaktifan siswa, dan apakah bahan ajar multimedia tersebut sudah sesuai dengan kurikulum pembelajaran untuk anak usia dini ditempat pelaksanaan penelitian. Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pemanfaatan multimedia yang digunakan untuk membantu mengenal nama-nama hewan peliharaan bagi anak usia dini, dan mengetahui kelayakan multimedia untuk membantu mengenal nama-nama hewan peliharaan bagi anak usia dini sebagai pendukung proses pembelajaran subtema binatang. Desain penelitian ini adalah dengan menggunakan t-tes with control group desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode angket, observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan yaitu terdapat perbedaan tingkat keaktifan siswa yang signifikan, ini dapat dilihat dari uji beda t-tes skor rata-rata keaktifan siswa kelas A dan B didapat nilai t-hitung sebesar 7,308 dan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari α = 0,05. Dari angket kelayakan media didapat nilai rata-rata 3,1 (skala 4), sedang dari angket kesesuaian materi didapat nilai rata-rata 3,37 (skala4). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat keaktifan siswa antara yang sudah memanfaatkan multimedia dengan yang belum dan multimedia yang digunakan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku di TK I Gabus. Saran yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya dalam proses pembelajaran subtema hewan peliharaan, guru pengampu hendaknya menggunakan multimedia untuk membantu mengenal nama – nama hewan peliharaan bagi anak usia dini, karena terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Multimedia, Anak Usia Dini, Keaktifan Siswa.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 07 Nov 2013 12:11
    Last Modified: 07 Nov 2013 12:11

    Actions (login required)

    View Item