PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI MINI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUSUKAN 01 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG
Achmad Luthfi, 6101407129 (2013) PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI MINI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUSUKAN 01 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI MINI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUSUKAN 01 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran penjasorkes yang sering kali tidak sesuai dengan karakteristik siswa membuat kreaktivitas anak menjadi terabaikan dan hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal. Maka perlu adanya modifikasi media pembelajaran yang sesungguhnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran penjasorkes melalui modifikasi permainan bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Susukan 01 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penjasorkes melalui modifikasi permainan bola voli mini bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Susukan 01 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dilapangan dan pengisian lembar check list yang diperoleh dari evaluasi kolabolator bersama peneliti. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran penjasorkes yang diperoleh dengan bantuan check list dapat diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotor dari siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Susukan 01 setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan modifikasi permainan bola voli mini terjadi peningkatan. Kemampuan kognitif yang semula 62,5% menjadi 90%, kemampuan afektif yang semula 62,5% menjadi 95%, dan kemampuan psikomorik yang semula 60% menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar bola voli siswa. Sehingga disarankan bagi guru penjasorkes dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Susukan 01 dapat menggunakan model pemebelajaran modifikasi permainan bola voli mini sebagai pembelajaran alternatif, bagi sekolah juga diharapkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada sebagai penunjang dalam pembelajaran penjasorkes. bila ingin mengembangkan dapat memodifikasi permainan bola voli mini dengan model lain yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Bola Voli (Mini), Media Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Nov 2013 16:14 |
Last Modified: | 07 Nov 2013 16:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18920 |
Actions (login required)
View Item |