PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MYOB SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK SE-KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Nuruliana Hidayah, 7101406016 (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MYOB SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK SE-KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MYOB SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK SE-KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MYOB SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK SE-KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan seorang dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar dipengaruh oleh berbagai faktor baik faktor intern maupun faktor ekstern. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa prestasi MYOB (Mind Your Own Bussiness) yang diperoleh siswa SMK Se-Kota Magelang tergolong baik. Permasalahan yang diungkap adalah: apakah terdapat pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas laboratorium komputer dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar MYOB baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk memperoleh bukti empiris adakah pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas laboratorium komputer dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar MYOB baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Se-Kota Magelang tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 306 siswa. Sampel penelitian adalah 173 siswa, diambil dengan menggunakan teknik proportional cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang fasilitas laboratorium komputer dan motivasi berprestasi, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar MYOB. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji t (uji parsial) dan uji F (uji simultan). Hasil uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas laboratorium komputer dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar MYOB secara parsial. Hasil uji F menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas laboratorium komputer dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar MYOB secara simultan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: sekolah sebaiknya melengkapi fasilitas pembelajaran MYOB yaitu fasilitas laboratorium komputer. Sebaiknya guru mengajak siswa untuk aktif di dalam kelas, menciptakan kondisi belajar yang kondusif, serta mampu memberikan reward dan nilai sesuai dengan kemampuan siswa, sehingga siswa akan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi dalam pembelajaran MYOB. Siswa hendaknya lebih meningkatkan motivasi berprestasinya, dengan cara rajin mempelajari mata pelajaran MYOB sehingga akan timbul semangat memahami mata pelajaran MYOB.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Laboratorium Komputer dan Motivasi Berprestasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:20
Last Modified: 07 Nov 2013 16:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18915

Actions (login required)

View Item View Item